Melanjutkan tulisan sebelumnya tentang Daftar Materi Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial untuk Jenjang SD selama 2 Semester, kali ini saya mencoba membuatkan contoh Daftar Materi Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial untuk Jenjang SMP selama 2 Semester dengan harapan dapat membantu rekan-rekan guru yang ada di jenjang SMP untuk menyusun materi pembelajaran. Tulisan ini juga dilengkapi dengan contoh tugas berbasis proyek yang dapat diberikan kepada murid SMP agar pembelajaran lebih bermakna dan menyenangkan.
Asumsi:
- Jenjang: Sekolah Menengah Pertama (kelas 7–9)
- Durasi: 2 semester (masing-masing 12 pertemuan efektif)
- Setiap pertemuan berdurasi 2 x 40 menit
- Pendekatan: Praktik langsung, berbasis proyek, dan integratif lintas mata pelajaran
Semester 1: Dasar Koding dan Berpikir Komputasional
Pertemuan | Materi | Deskripsi Singkat |
1 | Pengantar Koding dan AI | Mengenal pentingnya koding dan AI dalam kehidupan sehari-hari |
2 | Berpikir Komputasional | Dekomposisi, pola, abstraksi, algoritmik |
3 | Pengenalan Scratch | Mengenal antarmuka Scratch, blok perintah dasar |
4 | Variabel dan Tipe Data | Konsep variabel dan tipe data melalui game edukatif |
5 | Percabangan Logika | IF, IF-ELSE, Nested IF dalam Scratch |
6 | Perulangan | Konsep loop dan penerapannya dalam animasi |
7 | Fungsi dan Modularisasi | Membuat fungsi untuk memecah program menjadi bagian kecil |
8 | Pengenalan Python | Menjalankan kode Python sederhana (print, input, variabel) |
9 | Kondisional dan Loop di Python | IF dan FOR di Python, latihan kuis interaktif |
10 | Pengenalan Minecraft for Education | Eksplorasi antarmuka dan pengenalan Code Builder |
11 | Proyek Mini: Game Edukasi Interaktif | Membuat game edukasi menggunakan Scratch |
12 | Evaluasi Proyek | Pengujian dan presentasi hasil proyek mini |
Semester 2: Kecerdasan Artifisial Dasar dan Aplikasinya
Pertemuan | Materi | Deskripsi Singkat |
1 | Review Koding Semester 1 | Kilas balik dasar koding dan logika |
2 | Apa Itu AI dan Machine Learning | Konsep AI, jenis AI, dan contoh nyata |
3 | Teachable Machine | Latihan klasifikasi gambar dan suara |
4 | Dataset dan Label | Mengenal data latih, data uji, dan klasifikasi sederhana |
5 | AI dalam Kehidupan Sehari-hari | AI di rumah, sekolah, transportasi, hiburan |
6 | Python untuk Data Sederhana | Menggunakan Python untuk analisis data sederhana (pandas) |
7 | Pengenalan Chatbot | Simulasi chatbot dengan percabangan dan input pengguna |
8 | Pembuatan Model AI Mini | Implementasi model AI menggunakan tools visual (Teachable Machine) |
9 | Minecraft Education AI Challenge | Tantangan membangun kota cerdas dengan automasi sederhana |
10 | Proyek Akhir: AI untuk Lingkungan Sekitar | Siswa merancang solusi AI sederhana untuk sekolah atau rumah |
11 | Presentasi Proyek | Presentasi proyek AI di depan kelas atau komunitas sekolah |
12 | Refleksi dan Dokumentasi | Dokumentasi proses dan evaluasi diri |
Rencana Kebutuhan Belajar
Sarana:
- Komputer/ laptop/ tablet minimal 1 unit untuk 2 murid.
- Koneksi internet stabil
- Headset dan webcam (untuk eksplorasi AI visual dan suara)
Perangkat Lunak dan Tools:
- Scratch (https://scratch.mit.edu)
- Python (dengan editor IDLE atau Google Colab)
- Pandas dan Numpy (untuk manipulasi data sederhana)
- Google Teachable Machine (https://teachablemachine.withgoogle.com)
- Minecraft Education Edition (https://education.minecraft.net)
Kompetensi Guru:
- Menguasai dasar pemrograman visual dan Python
- Memahami prinsip dasar AI dan machine learning
- Mampu memfasilitasi eksplorasi dan pembelajaran berbasis proyek
- Mampu menggunakan Minecraft Education untuk pembelajaran kolaboratif
Tugas Berbasis Proyek dan Rubrik Penilaian
Proyek Semester 1: Kota Edukatif di Minecraft (Minecraft Education)
Deskripsi: Siswa membuat lingkungan belajar atau kota mini yang mengandung elemen interaktif dan edukatif menggunakan Minecraft Education dan Code Builder.
Rubrik Penilaian:
Aspek | Skor 1–5 | Deskripsi |
Kreativitas Desain | 1–5 | Lingkungan menarik, rapi, dan sesuai tema |
Penggunaan Kode | 1–5 | Memanfaatkan Code Builder untuk automasi (gerbang otomatis, NPC interaktif, dsb) |
Kerja Sama Tim | 1–5 | Kolaborasi antar anggota berjalan baik |
Presentasi | 1–5 | Mampu menjelaskan fungsi bangunan dan fitur proyek |
Proyek Semester 2: Solusi AI untuk Lingkungan Sekitar
Deskripsi: Siswa menyusun ide solusi berbasis AI sederhana untuk kehidupan sehari-hari (contoh: AI pengatur lampu hemat energi, pengingat waktu belajar, dll).
Rubrik Penilaian:
Aspek | Skor 1–5 | Deskripsi |
Inovasi dan Orisinalitas | 1–5 | Gagasan unik dan kontekstual |
Pemahaman Konsep AI | 1–5 | Siswa memahami alur data dan fungsi AI |
Implementasi/Simulasi | 1–5 | Mampu membuat demo sederhana atau simulasi |
Dokumentasi dan Presentasi | 1–5 | Penjelasan ide dan proses pengerjaan jelas dan sistematis |
Tambahan Proyek Semester 2: Kota Cerdas Minecraft AI Challenge
Deskripsi: Siswa membangun kota atau lingkungan masa depan dengan dukungan sistem AI menggunakan Minecraft Education. Contoh: lampu otomatis, sistem transportasi, pusat informasi dengan NPC interaktif.
Rubrik Penilaian:
Aspek | Skor 1–5 | Deskripsi |
Inovasi Tata Kota | 1–5 | Desain kota logis dan solutif |
Implementasi Fitur AI | 1–5 | Penggunaan kode untuk automasi atau simulasi AI |
Visual dan Detail | 1–5 | Kota tertata rapi dan menarik |
Kolaborasi dan Presentasi | 1–5 | Proyek dikerjakan bersama dan dipresentasikan dengan baik |
Kita berharap dengan memberikan Materi Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial (AI) untuk Jenjang SMP selama 2 Semester ini, murid-murid dapat belajar dengan senang dan nyaman. Kita juga dapat membangun keterampilan logika, kolaborasi, dan imajinasi secara lebih menyenangkan dan aplikatif, selaras dengan pengenalan AI dan teknologi masa depan.
Terima kasih telah berkenan mampir dan membaca tulisan ini, semoga bermanfaat.
Bambang Herlandi
Duta Teknologi Kemdikdasmen
1 Komentar
Pingback: Daftar Materi Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial (AI) untuk Jenjang SMA/SMK Sederajat selama 2 Semester - Blog Bambang Herlandi