Jujur aja, saya mengenal komputer, saat saya sudah di kelas 2 SMP. Itupun masih menggunakan disket yang diisi dengan DOS. Dan untuk menggunakan aplikasi lainnya harus mengganti disket yang lain. itu udah dianggap keren. Sekarang? Anak SD udah mulai belajar bikin animasi sendiri, bahkan sudah kenalan sama kecerdasan buatan. Nah, di sinilah pentingnya punya materi pembelajaran koding dan kecerdasan artifisial untuk sekolah dasar yang asyik dan gampang dicerna serta disesuaikan dengan tumbuh kembang anak di usia SD.
Lewat tulisan ini, saya coba membuat contoh daftar materi pembelajaran koding dan kecerdasan artifisial untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) yang dilengkapi dengan kebutuhan belajar dan tugas berbasis proyek agar pembelajaran lebih menyenangkan. Saya berharap, materi-materi yang ada bisa membuat anak-anak di jenjang sekolah dasar bukan cuma jadi pengguna teknologi, tapi juga kreator masa depan.
Berikut ini adalah Daftar Materi Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial untuk Jenjang SD selama 2 Semester
Asumsi:
- Jenjang: Sekolah Dasar (kelas 4–6)
- Durasi: 2 semester (masing-masing 10 pertemuan efektif)
- Setiap pertemuan berdurasi 2 x 35 menit
- Pendekatan: Bermain sambil belajar, berbasis proyek dan eksploratif
Semester 1: Pengenalan Koding dan Pemikiran Komputasional
Pertemuan | Materi | Deskripsi Singkat | Tujuan Pembelajaran |
1 | Apa itu koding dan AI? | Mengenal teknologi di sekitar kita dan pengantar logika komputer | Siswa memahami peran teknologi dan konsep dasar koding serta AI |
2 | Berpikir Komputasional | Dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi (contoh sederhana) | Siswa mengenali cara berpikir sistematis dan logis |
3 | Bermain dengan Scratch Jr | Mengenal antarmuka Scratch Jr dan blok perintah | Siswa mampu membuat animasi sederhana menggunakan blok kode |
4 | Gerakan dan Suara di Scratch Jr | Membuat karakter berjalan dan berbicara | Siswa menggabungkan gerakan dan suara dalam animasi interaktif |
5 | Cerita Interaktif | Menyusun cerita pendek digital dengan karakter dan latar | Siswa merancang cerita visual yang komunikatif dan menarik |
6 | Logika Percabangan Sederhana | Memahami perintah “jika… maka…” dengan animasi | Siswa menerapkan logika percabangan dalam pembuatan program |
7 | Pengulangan (Looping) | Mengulang gerakan/animasi secara otomatis | Siswa mengenal dan menggunakan perulangan dalam koding |
8 | Membuat Game Mini Sederhana | Game edukatif berbasis Scratch Jr | Siswa menyusun game sederhana dengan aturan dan respons logis |
9 | Bermain dengan Minecraft Education | Pengenalan coding block di Minecraft Education melalui Code Builder | Siswa mengeksplorasi dunia Minecraft dan membuat perintah pemrograman sederhana |
10 | Proyek: Animasi Cerita Favorit | Siswa membuat animasi dari cerita kesukaannya | Siswa mampu menampilkan karya digital yang kreatif dan sesuai alur cerita |
Semester 2: Pengantar AI dan Aplikasi Sederhana
Pertemuan | Materi | Deskripsi Singkat | Tujuan Pembelajaran |
1 | Mengingat Kembali Koding | Review singkat materi semester 1 | Siswa dapat mengingat dan mengaplikasikan kembali keterampilan dasar koding |
2 | Apa itu AI? | Pengenalan kecerdasan buatan melalui contoh sederhana | Siswa memahami fungsi dan manfaat AI dalam kehidupan sehari-hari |
3 | Mengenal Teachable Machine | Belajar klasifikasi gambar/suara secara interaktif | Siswa mengenal konsep klasifikasi dan pelatihan model AI sederhana |
4 | Mengenal Chatbot | Simulasi chatbot sederhana melalui percakapan | Siswa memahami interaksi dengan chatbot dan logika percakapan |
5 | AI dalam Kehidupan Sehari-hari | Menjelaskan peran AI di rumah dan sekolah | Siswa dapat memberi contoh penggunaan AI dalam aktivitas harian |
6 | Bermain dengan Aplikasi AI | Latihan dengan Teachable Machine dan aplikasi edukatif lainnya | Siswa menerapkan AI dalam simulasi pengenalan suara dan gambar |
7 | Proyek Mini AI: Pengenal Wajah | Membuat model pengenal wajah dengan bantuan guru | Siswa mampu membuat proyek AI sederhana dengan pengawasan guru |
8 | Penggunaan AI yang Bertanggung Jawab | Menyadari etika dan keamanan digital dasar | Siswa mengenal prinsip keamanan digital dan penggunaan AI secara etis |
9 | Membangun dengan Minecraft Education | Siswa membuat kota sederhana berbasis logika pemrograman block | Siswa menyusun bangunan logis dan interaktif dengan konsep pemrograman |
10 | Proyek: “AI untuk Membantu Teman” | Siswa membuat presentasi ide AI sederhana untuk membantu kegiatan sekolah | Siswa dapat mengembangkan ide AI kontekstual yang aplikatif untuk kehidupan siswa |
Rencana Kebutuhan Belajar
Sarana:
- PC/laptop/Tablet minimal 1 per 2 siswa
- Akses internet
- Proyektor atau layar TV
Perangkat Lunak:
- Scratch Jr (Android/iOS)
- Google Teachable Machine (https://teachablemachine.withgoogle.com)
- Minecraft Education Edition (https://education.minecraft.net)
- Aplikasi chatbot simulasi (seperti Replika atau TalkTo)
Kompetensi Guru:
- Mampu menggunakan Scratch Jr, Teachable Machine, dan Minecraft Education
- Memahami dasar berpikir komputasional dan AI sederhana
- Mampu membimbing eksplorasi anak secara aman dan menyenangkan
Tugas Berbasis Proyek dan Rubrik Penilaian
Proyek Semester 1: Cerita Digital Interaktif
Deskripsi: Siswa membuat cerita digital dengan Scratch Jr yang melibatkan gerakan, suara, dan interaksi karakter.
Rubrik Penilaian:
Aspek | Skor 1-5 | Deskripsi |
Kreativitas | 1–5 | Gagasan cerita dan tampilan visual |
Penggunaan Fitur | 1–5 | Memanfaatkan blok gerakan, suara, percabangan |
Kesesuaian Cerita | 1–5 | Cerita mudah dipahami dan terstruktur |
Presentasi | 1–5 | Mampu menceritakan proyeknya di depan kelas |
Proyek Semester 2: AI untuk Membantu Teman
Deskripsi: Siswa membuat ide atau model mini tentang bagaimana AI bisa membantu di sekolah (misalnya: robot pengingat jadwal, pengenal wajah guru, dll)
Rubrik Penilaian:
Aspek | Skor 1-5 | Deskripsi |
Orisinalitas Ide | 1–5 | Gagasan unik dan solutif |
Pemahaman AI | 1–5 | Dapat menjelaskan cara kerja idenya secara sederhana |
Kreativitas Presentasi | 1–5 | Visualisasi menarik (gambar/poster/simulasi sederhana) |
Kerja Sama (jika berkelompok) | 1–5 | Saling membantu dalam pengerjaan |
Tambahan Proyek Minecraft Education (Semester 2 Pertemuan 9)
Judul: Kota Impian Ramah AI
Deskripsi: Siswa membangun kota sederhana di Minecraft Education yang mengandung unsur AI atau otomatisasi, seperti lampu otomatis, jalan cerdas, atau robot penyambut di sekolah.
Rubrik Penilaian:
Aspek | Skor 1–5 | Deskripsi |
Desain dan Kreativitas | 1–5 | Tata kota tertata, imajinatif, dan menarik |
Pemanfaatan Kode | 1–5 | Penggunaan kode blok untuk otomatisasi |
Unsur AI | 1–5 | Menampilkan setidaknya 1 ide berbasis AI (simulatif) |
Kerja Sama | 1–5 | Siswa berkontribusi aktif dalam kelompok |
Nah, itulah tadi gambaran materi pembelajaran koding dan kecerdasan artifisial untuk sekolah dasar yang bisa kita terapkan secara bertahap dan menyenangkan. Harapannya, anak-anak nggak cuma jadi penonton teknologi, tapi juga mulai belajar jadi pencipta. Siapa tahu, dari tangan-tangan kecil itu nanti lahir inovator masa depan yang bikin bangga negeri ini. Jadi, yuk kita mulai dari sekarang. pelan-pelan saja pak sopir, tapi pasti dan berdampak positif.
2 Komentar
Pingback: Daftar Materi Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial untuk Jenjang SMP selama 2 Semester - Blog Bambang Herlandi
Pingback: Daftar Materi Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial (AI) untuk Jenjang SMA/SMK Sederajat selama 2 Semester - Blog Bambang Herlandi