Close Menu
Blog Bambang Herlandi
  • Beranda
  • Kategori
    • Community
    • Ceritaku
    • Event
    • Kisah Misteri
    • Resensi Film
    • Review & Testimoni
      • Produk
      • Review
      • Testimoni
    • Teknologi
    • Traveling
    • Tutorial
      • Blog
      • Database
      • Fotografi
      • Graphics Design
      • Internet
      • Quizizz
      • UI/UX Design
      • Video Editing
      • Web Design
  • Pendidikan & Pembelajaran
    • Inovasi Pembelajaran
    • Materi Bahan Ajar
    • Media Pembelajaran
    • Modul Ajar
    • Pendidikan
  • PembaTIK
    • PembaTIK 2024
    • Sesi Berbagi
  • Kliping
  • Tentang Saya
Facebook X (Twitter) Instagram
Facebook X (Twitter) Instagram YouTube LinkedIn
Blog Bambang Herlandi
Kamis, 22 Mei 2025
  • Beranda
  • Kategori
    • Community
    • Ceritaku
    • Event
    • Kisah Misteri
    • Resensi Film
    • Review & Testimoni
      • Produk
      • Review
      • Testimoni
    • Teknologi
    • Traveling
    • Tutorial
      • Blog
      • Database
      • Fotografi
      • Graphics Design
      • Internet
      • Quizizz
      • UI/UX Design
      • Video Editing
      • Web Design
  • Pendidikan & Pembelajaran
    • Inovasi Pembelajaran
    • Materi Bahan Ajar
    • Media Pembelajaran
    • Modul Ajar
    • Pendidikan
  • PembaTIK
    • PembaTIK 2024
    • Sesi Berbagi
  • Kliping
  • Tentang Saya
Blog Bambang Herlandi
Home » Daftar Materi Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial (AI) untuk Jenjang SMA/SMK Sederajat selama 2 Semester
Modul Ajar

Daftar Materi Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial (AI) untuk Jenjang SMA/SMK Sederajat selama 2 Semester

Bambang HerlandiBy Bambang HerlandiSabtu, 26 April 2025Updated:Sabtu, 26 April 2025Tidak ada komentar6 Mins Read
Facebook Twitter LinkedIn Tumblr Email WhatsApp Copy Link
ilustrasi pembelajaran koding dan kecerdasan artifisial di jenjang sma smk sederajat
ilustrasi pembelajaran koding dan kecerdasan artifisial di jenjang sma smk sederajat
Share
Facebook Twitter LinkedIn Pinterest Email

Alhamdulillah… setelah bisa membuat dan membagikan tulisan Daftar Materi Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial untuk Jenjang SD selama 2 Semester dan Daftar Materi Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial untuk Jenjang SMP selama 2 Semester. Dan bahkan banyak yang minta untuk SMA dan SMK juga. Pada tulisan Daftar Materi Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial (AI) untuk Jenjang SMA/SMK Sederajat selama 2 Semester ini saya coba lengkapi dengan tugas berbasis proyek di setiap semester plus rubrik penilaiannya.

Memang sebaiknya pembelajaran koding dan kecerdasan artifisial bila benar-benar diterapkan kurikulumnya dapat dilakukan secara berkesinambungan dari jenjang SD hingga SMA/SMK. Jangan cuma jadi kelinci percobaan kurikulum. Hal ini agar materi yang telah disusun dapat disampaikan secara berkelanjutan. Harapannya siswa kita dapat memahami dan mempraktikan apa yang telah diterima di kelas. dan akhirnya tujuan Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial (AI), yaitu: 1) Mengembangkan Berpikir Komputasional Sejak Dini, 2) Meningkatkan Literasi Digital dan Literasi Teknologi, 3) Menyiapkan Kompetensi Abad ke-21, 4) Membentuk Kemandirian dalam Belajar dan Mencipta, dan 5) Mendorong Inovasi dan Solusi Teknologi yang Bermanfaat, serta 6) Mengintegrasikan Teknologi Cerdas dalam Proses Belajar, dapat terwujud dengan baik.

Berikut ini Daftar Materi Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial (AI) untuk Jenjang SMA/SMK Sederajat selama 2 Semester dilengkapi dengan 2 tugas berbasis proyek berupa tugas membuat aplikasi interaktif dan simulasi edukasi menggunakan Minecraft Education di setiap semester serta rubrik penilaiannya.

Table of Contents

Toggle
  • Asumsi:
  • Rencana Kebutuhan Belajar
  • Materi Semester 1: Koding Dasar dan Pemikiran Komputasional Lanjut
  • Tugas Berbasis Proyek & Rubrik Penilaian Semester 1
    • Proyek 1: Aplikasi Interaktif Python (CLI)
    • Proyek 2: Simulasi Edukasi Interaktif di Minecraft Education
  • Materi Semester 2: Kecerdasan Artifisial dan Penerapannya
  • Tugas Berbasis Proyek & Rubrik Penilaian Semester 1
    • Proyek 1: Chatbot Sederhana Berbasis Python
    • Proyek 2: Kota Cerdas dengan Minecraft + Simulasi AI

Asumsi:

  • Jenjang: Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
  • Durasi: 2 semester (masing-masing 12 pertemuan efektif)
  • Setiap pertemuan berdurasi 2 x 45 menit
  • Pendekatan: Berbasis proyek, integratif, kolaboratif, dan berbasis masalah (PBL)

Rencana Kebutuhan Belajar

Sarana:

  • Komputer/laptop untuk tiap siswa atau 1 per 2 siswa
  • Koneksi internet stabil
  • Proyektor dan papan tulis digital (jika tersedia)

Perangkat Lunak dan Tools:

  • Python (IDLE, Google Colab, atau Jupyter Notebook)
  • Visual Studio Code
  • Scratch (untuk perbandingan visual logic dasar)
  • Scikit-learn, Matplotlib, Pandas, Numpy
  • Google Teachable Machine
  • Minecraft Education Edition (dengan Code Builder)

Kompetensi Guru:

  • Menguasai Python dan konsep dasar AI/ML
  • Familiar dengan platform Minecraft Education dan pengelolaannya di kelas
  • Mampu membimbing siswa dalam eksplorasi dan debugging

Materi Semester 1: Koding Dasar dan Pemikiran Komputasional Lanjut

PertemuanMateriDeskripsi Singkat
1Pengantar Koding dan AIPeran koding dan AI dalam berbagai bidang kehidupan dan karier masa depan
2Berpikir KomputasionalProblem decomposition, abstraction, pattern recognition, algorithmic thinking
3Pengenalan PythonInstalasi, syntax dasar, variabel, input-output
4Struktur KontrolPercabangan dan perulangan di Python
5Fungsi dan ModularisasiPenggunaan fungsi dalam struktur program
6Pengenalan DataTipe data kompleks, list, dictionary, dan manipulasi data sederhana
7Visualisasi Data DasarMenggunakan matplotlib dan seaborn untuk menampilkan data
8Pengenalan Minecraft for EducationEksplorasi dan penggunaan Code Builder dalam skenario belajar
9Pemrograman Minecraft DasarMengotomatisasi aktivitas di Minecraft menggunakan Python blok
10Proyek Mini 1: Aplikasi Interaktif PythonSiswa membuat program CLI sederhana (misal: kuis, kalkulator, pengingat belajar)
11Proyek Mini 2: Bangun Edukasi Interaktif di MinecraftMembuat simulasi edukatif atau permainan pembelajaran di Minecraft
12Presentasi dan Evaluasi ProyekPengujian dan presentasi proyek siswa

Tugas Berbasis Proyek & Rubrik Penilaian Semester 1

Proyek 1: Aplikasi Interaktif Python (CLI)

Deskripsi: Siswa membuat aplikasi berbasis teks sederhana menggunakan Python. Contoh: aplikasi kuis, kalkulator sederhana, atau pengingat belajar.

Lembar Kerja Siswa (LKS):

  1. Judul Aplikasi: ___________________________________
  2. Tujuan Aplikasi: __________________________________
  3. Fitur-fitur Utama:
    • Input dan Output pengguna
    • Percabangan logika (if-else)
    • Pengulangan jika diperlukan (while/for)
  4. Nama Tim/Individu: _______________________________
  5. Tugas:
    • Rancang alur aplikasi (flowchart sederhana)
    • Tulis kode program di editor Python
    • Uji coba minimal 3 skenario input pengguna
    • Simpan dan dokumentasikan hasil kerja

Langkah Kerja:

  1. Brainstorm ide aplikasi yang sesuai kebutuhan siswa
  2. Buat flowchart logika aplikasi
  3. Menulis kode di Python (Google Colab atau VS Code)
  4. Uji coba dan debugging
  5. Buat dokumentasi singkat (penjelasan fitur)
  6. Presentasi hasil ke guru/kelas

Rubrik Penilaian:

AspekSkor 1–5Deskripsi
Struktur Kode1–5Rapi, logis, dan terbaca
Fungsionalitas1–5Semua fitur berjalan baik dan sesuai tujuan
Kreativitas1–5Aplikasi unik dan relevan dengan kehidupan siswa
Presentasi1–5Menjelaskan alur kerja dan fitur aplikasi dengan jelas

Proyek 2: Simulasi Edukasi Interaktif di Minecraft Education

Deskripsi: Siswa merancang ruang edukatif atau skenario pembelajaran di Minecraft Education, disertai fitur otomatisasi (gerbang, NPC, dll) dengan pemrograman Code Builder.

Lembar Kerja Siswa (LKS):

  1. Judul Proyek: _________________________________
  2. Tema Edukasi: _________________________________
  3. Tujuan Simulasi: _______________________________
  4. Elemen interaktif:
    • Struktur (bangunan, ruang)
    • NPC/command block
    • Redstone atau Python blocks
  5. Nama Tim: _____________________________

Langkah Kerja:

  1. Diskusi tema dan rancangan simulasi edukatif
  2. Buat desain denah dan daftar elemen interaktif
  3. Bangun dunia Minecraft sesuai rencana
  4. Tambahkan pemrograman interaktif (kode block)
  5. Uji coba interaksi dan dokumentasi
  6. Presentasi hasil simulasi

Rubrik Penilaian:

AspekSkor 1–5Deskripsi
Kreativitas Desain1–5Tata letak dan struktur edukatif
Pemanfaatan Kode1–5Automasi atau interaksi berhasil dijalankan
Tema Edukasi1–5Simulasi relevan dengan pelajaran/kegiatan
Kolaborasi1–5Kerja sama tim aktif dan adil

Materi Semester 2: Kecerdasan Artifisial dan Penerapannya

PertemuanMateriDeskripsi Singkat
1Review Semester 1Kilas balik dan refleksi proyek sebelumnya
2Apa itu Machine LearningSupervised vs unsupervised learning, algoritma dasar
3Teachable MachineLatihan klasifikasi wajah, suara, pose
4Dataset dan PreprocessingMenyiapkan dan membersihkan data untuk model AI
5Pengenalan Scikit-learnMembuat model klasifikasi sederhana
6Evaluasi Model AIAkurasi, precision, recall
7AI dalam Dunia NyataContoh penerapan AI di berbagai bidang (medis, bisnis, desain, dll)
8Proyek Minecraft AI ChallengeSiswa membangun sistem kota atau simulasi berbasis AI di Minecraft Education
9Proyek AI: Chatbot dengan PythonSiswa membuat chatbot sederhana menggunakan logika percabangan dan input pengguna
10Finalisasi ProyekDebugging dan peningkatan fitur
11Presentasi ProyekPresentasi ide, alur kerja, dan hasil proyek AI
12Evaluasi & DokumentasiRefleksi, evaluasi, dan dokumentasi pembelajaran

Tugas Berbasis Proyek & Rubrik Penilaian Semester 1

Proyek 1: Chatbot Sederhana Berbasis Python

Deskripsi: Siswa membuat chatbot sederhana dengan logika percabangan untuk menjawab pertanyaan seputar topik tertentu (belajar, hobi, AI, dll).

Lembar Kerja Siswa (LKS):

  1. Tema Chatbot: ______________________________
  2. Nama Chatbot: _____________________________
  3. Tujuan: ___________________________________
  4. Rancangan logika percakapan:
    • Input pengguna
    • Respon chatbot (if-else)
    • Default respon (jika input tak dikenali)

Langkah Kerja:

  1. Tentukan tema dan gaya bahasa chatbot
  2. Buat skrip logika chatbot
  3. Tulis kode Python di editor
  4. Uji coba skenario input dan respon
  5. Presentasikan chatbot ke kelas

Rubrik Penilaian:

AspekSkor 1–5Deskripsi
Logika Percabangan1–5Alur percakapan jelas dan efektif
Interaktivitas1–5Chatbot responsif dan tidak monoton
Kreativitas Tema1–5Tema menarik dan komunikatif
Penjelasan Proyek1–5Proses kerja dijelaskan dengan jelas

Proyek 2: Kota Cerdas dengan Minecraft + Simulasi AI

Deskripsi: Siswa membuat kota cerdas yang memanfaatkan konsep AI dalam Minecraft Education. Contoh: sensor cahaya otomatis, NPC pengatur lalu lintas, atau sistem informasi.

Lembar Kerja Siswa (LKS):

  1. Nama Kota: __________________________
  2. Tema Kota: __________________________
  3. Unsur AI yang Disimulasikan:
  4. Tugas Tim:
    • Bangun struktur kota
    • Tambahkan interaksi otomatis (sensor/code)
    • Jelaskan manfaat teknologi tersebut dalam kehidupan

Langkah Kerja:

  1. Rancang sketsa kota dan pilih 2–3 fitur AI yang akan dibuat
  2. Bangun kota dalam Minecraft Education
  3. Tambahkan automasi menggunakan kode block/Python
  4. Uji fitur dan simulasikan fungsinya
  5. Presentasikan ke guru atau teman sekelas

Rubrik Penilaian:

AspekSkor 1–5Deskripsi
Desain Kota1–5Terstruktur, logis, dan kreatif
Simulasi AI1–5Fitur otomatis berjalan baik dan relevan
Dokumentasi1–5Penjelasan fitur dan fungsi disusun rapi
Kerja Sama1–5Anggota aktif berkontribusi dalam tugas

Dengan contoh materi dan tugas berbasis proyek ini, diharapkan guru dapat menerapkan pendekatan pembelajaran mendalam yang mengedepankan elemen kesadaran (mindful), bermakna (meaningful), dan menggembirakan (joyful). Karena dengan guru bisa memberikan pembelajaran menjadi lebih bermakna karena siswa dengan menerapkan konsep koding dan AI secara langsung dalam proyek nyata yang menarik dan menantang. Dan pastinya menyenangkan dan menggembirakan.

Alhamdulillah akhirnya bisa juga membuat 3 contoh daftar materi pembelajaran koding dan kecerdasan artifisial untuk jenjang SD, SMP dan SMA/SMK sederajat. Semoga dengan tulisan Daftar Materi Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial (AI) untuk Jenjang SMA/SMK Sederajat selama 2 Semester ini dapat membantu ibu dan bapak guru untuk menyiapkan pembelajaran yang kontektual sesuai zamannya dan yang pastinya juga nyaman dan menyenangkan buat siswa di kelas.

Terima kasih telah berkenan mampir dan membaca tulisan ini, semoga bermanfaat dan dapat dimanfaatkan di kelas Ibu dan Bapak Guru Hebat.

Bambang Herlandi
Duta Teknologi Kemdikdasmen 2024
Dari Provinsi Kalimantan Timur

Post Views: 639

Bagikan ini:

  • Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru) Facebook
  • Klik untuk berbagi di X(Membuka di jendela yang baru) X

Menyukai ini:

Suka Memuat...
modul ajar modul ajar pembelajaran koding dan kecerdasan artifisial pembelajaran koding dan kecerdasan artifisial
Share. Facebook Twitter LinkedIn Tumblr Email Telegram WhatsApp Copy Link
Bambang Herlandi
  • Website
  • Facebook
  • X (Twitter)
  • Instagram
  • Tumblr
  • LinkedIn

Related Posts

Daftar Materi Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial untuk Jenjang SMP selama 2 Semester

Selasa, 22 April 2025

Daftar Materi Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial untuk Jenjang SD selama 2 Semester

Sabtu, 19 April 2025

Dilema Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial di Indonesia: Di Antara Harapan dan Kenyataan

Selasa, 15 April 2025
Leave A Reply Cancel Reply

Info Terbaru

Belajar Pentingnya Membuat Prototype

Kamis, 8 Mei 2025

Belajar Design Thinking untuk Memecahkan Masalah yang Manuasiawi

Senin, 5 Mei 2025

Belajar Lighting Photography: Memahami Cahaya Sebagai Elemen Utama dalam Fotografi

Sabtu, 3 Mei 2025

Kisah Seram Rumah Sakit Umum Balikpapan: Arwah yang Tak Mau Pergi

Kamis, 1 Mei 2025

Seni Komposisi dalam Fotografi

Rabu, 30 April 2025
Kisah Misteri

Situs Meriam Jepang: Wisata Horor di Balikpapan yang Menyimpan Jejak Perang dan Dunia Tak Kasat Mata

Kamis, 24 April 2025

Aura Misteri dan Cerita Seram Hotel di Tengah Kota Balikpapan

Kamis, 17 April 2025

2 Sekolah Ini Kesurupan Massal Setelah Diserang Gerombolan Jin

Kamis, 10 April 2025

Kesurupan Tentara Belanda Tanpa Kepala

Kamis, 25 Juni 2020

Cerita Misteri Hantu Wanita Simpang Dome

Kamis, 11 Juni 2020

© 2025 – bambangherlandi.web.id

Facebook X (Twitter) Instagram YouTube Tumblr LinkedIn TikTok
© 2025 Designed by Bambang Herlandi.

Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.

%d