Kata digital sudah tidak asing di telinga kita, dari koran digital, kamera digital sampai uang digital. Untuk menyikapi perkembangan era digital itu, para mahasiswa Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Politeknik Negeri Balikpapan membuat even yang bisa dibilang baru pertama digelar di kota Balikpapan. Even kali ini yang digarap adalah Workshop DigiPreneur Balikpapan 2014.
Workshop DigiPreneur Balikpapan 2014 yang digelar di gedung Learning Event Area (LEA) Kalimantan punyanya PT Telkom Indonesia yang terletak di kawasan Jalan MT Haryono ini terdiri dari dalam 2 (dua) waktu. Sabtu dan Minggu (22-23 Nopember 2014). Kenapa sampe dua hari? Bukan apa-apa sih, tapi karena kapasitas tempat yang tidak bisa memuat seluruh peserta yang keseluruhannya berjumlah 163 orang. Itu belum termasuk panitia dan romli (hehehe… mangnya ada rombongan liar). Jadi karena antusias para pendaftar yang melebihi kapasitas tempat tersebut, maka hari pertama Workshop DigiPreneur Balikpapan 2014 ini diikuti oleh 80 peserta dan hari kedua diikuti 83 peserta.
DigiPreneur sendiri berasal dari kata Digital Entrepreneur. Yang dapat diartikan sebagai penggagas bisnis kreatif dalam bidang digital. DigiPreneur sendiri lebih ke arah bisnis industri kreatif digital.
Workshop DigiPreneur Balikpapan 2014 berisi materi “Pemanfaatan Blog dan Socmed Biar lebih Eksis” yang saya Bambang Herlandi bawakan disesi pertama. Dan dilanjutkan oleh mas Aditia A Pratama Technical Director Kampoong Monsteryang menyampaikan materi “3D Animation”. Terakhir ada sesi “Industri Kreatif” yang dibawakan oleh Dinoor Susatijo, SM Innovation Management, Innovation and Design Center PT Telkom Indonesia.
DigiPreneur merupakan unjuk tombak lahirnya penggagas industri kreatif yang saat ini merupakan target pembangunan agar kita sebagai manusia Indonesia bisa bersaing dengan masyarakat internasional.
Perkembangan dunia digital di Indonesia sudah lumayan pesat, hal ini bisa kita liat dari jumlah pemilik hape yang lebih besar dari populasi penduduk Indonesia sendiri. Walaupun penetrasi pemanfaatan internet sendiri masih kecil ketimbang pemakai facebooknya. Liat aja survei yang ada berikut ini
Pada sesi akhir, peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 orang per kelompoknya dan diajak untuk membuat blog (bagi yang belum punya blog) dan membuat catatan atau tulisan tentang kegiatan DigiPreneur yang tentukan dilombakan dan berhadiah.
Even DigiPreneur juga diramaikan dengan lomba Live TwitPic dalam bentuk foto selfie atau groufie yang diikuti oleh para peserta dengan cara mentwit foto selfie atau groufie dan wajib mention ke @DigiPreneurBPN serta diberi hastag #DigiSelfie yang pastinya keseruan terlihat di akhir acara, saat twit pic peserta ditayangkan di LCD proyektor.
Workshop DigiPreneur Balikpapan 2014 ini sendiri disponsori oleh Telkom Group tentunya dengan fasilitas internet cepat yang dishare menggunakan wifi.Id yang ada di lokasi kegiatan.
Materi dan software aplikasi yang disampaikan dan digunakan pada Workshop DigiPreneur Balikpapan 2014 bisa didownload di http://www.bambangherlandi.web.id/download/digipreneur2014/
[slideshare id=42084566&w=425&h=355&fb=0&mw=0&mh=0&sc=no]
Dari kegiatan Workshop DigiPreneur Balikpapan 2014 ini diharapkan, akan lahir dan tumbuh digital preneur muda yang berasal dari kota Balikpapan, seperti mas Aditia A Pratama yang aslinya adalah anak kota Balikpapan yang saat ini menjadi Technical Director dan juga salah satu Animator di Kampoong Monster yang merupakan project community binaan PT Telkom Indonesia yang berada di kota Bandung atau rekan-rekan Digital Preneur lainnya.
Salam hangat
Wassalaam,
Bambang Herlandi
Member komunitas blogger Balikpapan