Memilih Program Aplikasi Web Server

Disaat pertama kali belajar pemrograman internet dengan PHP, terkadang kita bingung untuk memilih program aplikasi web server yang akan digunakan ataupun diinstal ke dalam PC.
Ada yang bilang pake ini bagus, yang lain bilang pake yang itu juga bagus. Malah jadi bingung untuk mencobanya.
Pengalaman pribadi saya, program aplikasi web server yang pertama kali saya coba adalah PHPTriad 1.8. Katanya sih waktu itu sudah bagus karena mendukung sintax PHP yang terbaru (maklumlah belum mengerti sama sekali).
Setelah beberapa lama saya mencoba beberapa program aplikasi web server, saya jatuh hati pada APPSERV. Selain file programnya tidak terlalu besar, cara instalnya juga sangat mudah (seperti biasa, Next, Next, isi dikit, Next lagi, dan Finish deh).
Selain itu juga APPSERV akan menjalankan program Apache dan MySQL secara otomatis jika kita memberi tanda cek pada saat instalasinya. Jadi tidak perlu repot-repot untuk mengaktifkan Apache dan MySQL terlebih dahulu bila ingin menggunakannya.
Bila ingin mencoba, download aja di sini. Saat tulisan ini saya publish, Appserv yang tersedia dalam beberapa versi, versi terbaru adalah Appserv 2.5.9
Untuk websitenya ketik aja di address http://www.appservnetwork.com/disini juga telah tersedia cara instalasi Appserv dan menggunakannya.

Selamat Mencoba,
Bambang Herlandi

About Bambang Herlandi 248 Articles
Seorang Blogger yang sehari-hari bekerja dan mengajar sebagai guru desain grafis, juga sebagai IT Freelance dan Web & Graphic Designer serta penghobi Photography.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: