Pembelajaran kreatif dan inovatif merupakan pendekatan dalam proses pendidikan yang mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, imajinatif, dan solutif. Pendekatan ini menekankan penggunaan metode dan strategi yang melibatkan interaksi aktif antara siswa, lingkungan belajar, dan materi pelajaran. Pembelajaran kreatif mendorong siswa untuk berpikir di luar batasan konvensional, mengintegrasikan ide-ide baru, dan mengeksplorasi solusi yang belum pernah dipertimbangkan sebelumnya. Sementara itu, pembelajaran inovatif melibatkan penerapan konsep, teknologi, atau pendekatan baru dalam proses pembelajaran guna menciptakan pengalaman yang lebih menarik dan efektif.
Latar belakang dari pengembangan pembelajaran kreatif dan inovatif berasal dari tantangan global yang semakin kompleks dan dinamis, termasuk kemajuan teknologi, globalisasi, dan perubahan sosial dan ekonomi yang cepat.
Dalam menghadapi tantangan ini, pendidikan harus dapat mengembangkan keterampilan dan kemampuan yang diperlukan untuk menghadapi perubahan dan tantangan yang muncul.
Pendidikan juga perlu mengikuti perkembangan dunia industri/ kerja yang semakin berubah dan menuntut kreativitas dan inovasi dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, pendidikan juga harus dapat menyiapkan peserta didik untuk memiliki jiwa enterpreneur.
Oleh karena itu, pengembangan pembelajaran kreatif dan inovatif dianggap sebagai salah satu cara untuk mempersiapkan peserta didik untuk masa depan yang penuh tantangan.
Penerapan pembelajaran kreatif dan inovatif memerlukan lingkungan yang mendukung eksplorasi dan kolaborasi. Guru berperan sebagai fasilitator yang memfasilitasi diskusi, tantangan, dan proyek-proyek berbasis masalah yang mendorong siswa untuk berpikir secara mendalam dan mendunia. Penggunaan teknologi juga menjadi komponen penting dalam pembelajaran ini, menghubungkan siswa dengan sumber daya yang lebih luas dan memungkinkan akses ke konten-konten yang relevan dan mendalam.
Hasil dari pembelajaran kreatif dan inovatif termasuk peningkatan keterampilan berpikir kritis, kemampuan memecahkan masalah yang kompleks, dan pengembangan daya imajinasi yang kuat. Selain itu, siswa juga akan mengalami peningkatan motivasi belajar dan rasa percaya diri karena merasa terlibat dalam proses pembelajaran yang berarti dan relevan dalam kehidupan nyata. Melalui pendekatan ini, pembelajaran tidak lagi terbatas pada penyerapan informasi semata, tetapi bertransformasi menjadi pengalaman holistik yang membentuk individu yang siap menghadapi tantangan dunia yang terus berkembang.
Untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran kreatif dan inovatif di Kompetensi Keahlian Multimedia SMK Negeri 2 Balikpapan, maka dikembangkan sebuah metode pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada murid dengan judul Pembelajaran Kreatif dan Inovati melalui Skada Media Studio di SMK Negeri 2 Balikpapan.
Berikut ini adalah naskah Praktik Baik Pembelajaran Kreatif dan Inovatif melalui SMS di SMKN 2 Balikpapan yang dapat diunduh.
Selain naskah praktik baik, berikut juga saya sertakan video Praktik Baik Pembelajaran Kreatif dan Inovatif melalui SMS di SMKN 2 Balikpapan yang juga saya simpan di saluran youtube Bambang Herlandi
Terima kasih telah berkunjung dan membaca serta menonton Praktik Baik Pembelajaran Kreatif dan Inovatif melalui SMS di SMKN 2 Balikpapan. Semoga bermanfaat.
Terima kasih banyak,
Salam dan bahagia,
Bambang Herlandi
Guru SMKN 2 Balikpapan