Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kebekerjaan di Skada Media Studio SMKN 2 Balikpapan Menggunakan Metode Design Thinking adalah pembelajaran berbasis proyek P5 tema keberjaaan yang dapat menjadi salah satu solusi agar murid senang dan nyaman belajar, memahami iklim industri dan dunia kerja, dapat mengembangkan ide-ide baru, memecahkan masalah, berpikir kritis dan mengeksplorasi berbagai konsep dan gagasan sehingga dapat menghasilkan karya terbaik dan dapat ditampilkan bahkan bernilai jual serta dapat menjadi pembelajaran bermakna yang dapat menjadi bekal murid untuk menghadapi kehidupan yang sesungguhnya selepas lulus dari DKV SMKN 2 Balikpapan.
Pada praktik baik ini, Penulis berperan sebagai fasilitator, mentor dan motivator bagi murid dalam menjalankan proyek yang telah diberikan. Dengan demikian murid dapat lebih berinteraksi dengan gurunya tanpa harus takut menyampaikan ide maupun segala hal terkait proses pembelajaran baik di kelas maupun di Skada Media Studio.
Harapannya dengan berbagi praktik baik ini, dapat menjadi ide dan referensi bagi rekan guru sejawat yang ingin mengembangkan P5 Tema Kebekerjaan dengan pendekatan pembelajaran kreatif dan inovatif berbasis proyek di kelasnya masing-masing.
Tantangan
Tantangan yang saat ini dihadapi, antara lain:
- Lulusan SMK masih belum terbiasa dengan situasi dan kondisi di Industri dan Dunia Kerja (IDUKA).
- Bagaimana cara untuk dapat menciptakan kegiatan P5 sebagai pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi murid tapi tetap sesuai dengan kompetensi keahlian yang diharapkan.
- Bagaimana cara memberi kesempatan kepada murid untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang kompetensi Desain Komunikasi Visual.
- Kesempatan murid untuk dapat mempresentasikan hasil karya terbaiknya kepada guru, orang tua, masyarakat dan lingkungan sekitarnya yang masih kurang.
- Jiwa enterpreneur dan kewirausahaan murid yang masih kurang.
- Kepercayaan diri murid yang kurang.
Aksi
Judul praktik baik: Pembelajaran Kreatif dan Inovatif melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kebekerjaan di Skada Media Studio SMKN 2 Balikpapan Menggunakan Metode Design Thinking.
Tempat/Sekolah: SMKN 2 Balikpapan
Yang Terlibat:Murid, Guru, Rekan guru sejawat, Kepala sekolah, Orang tua murid, Mitra industri
Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran yang penulis lakukan adalah dengan langkah-langkah sebagai berikut:
- Membangun Situasi Pembelajaran yang Nyaman dan Menyenangkan
- Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Metode Design Thinking
- Diferensiasi dalam Pembelajaran
- Koneksi antar Mata Pelajaran dan Mitra Industri
- Gelar Karya
- Refleksi
- Pemanfaatan Teknologi Informasi
Aset dan Sarana Prasarana
Dalam praktik baik ini, murid memanfaatkan aset dan sarana prasarana yang ada di Skada Media Studio SMKN 2 Balikpapan untuk menyelesaikan semua tugas proyek. Dan apabila terdapat kendala terkait aset dan sarana prasarana yang ada di sekolah, murid dapat memanfaatkan fasilitas dari Mitra Indutri yang telah menjalin kerja sama dengan sekolah dengan biaya rendah.
Sumber Daya dan Materi Belajar
Untuk mendukung pelaksanaan P5 Kebekerjaan ini, penulis selaku guru mata pelajaran selalu memberikan materi pokok sesuai dengan tujuan pembelajaran dan memfasilitasi murid untuk mendapatkan sumber daya dan materi belajar dari berbagai sumber yang valid.
Refleksi
Pembelajaran kreatif dan inovatif berbasis proyek melalui Skada Media Studio telah dilakukan pada Kelas X, XI Desain Komunikasi Visual dan XII Multimedia di SMKN 2 Balikpapan mulai tahun ajaran 2022/2023 dan saat ini sedang dikembangkan untuk pembelajaran kreatif dan inovatif berbasis proyek yang lebih baik bagi murid di semua jenjang kompetensi keahlian Desain Komunikasi Visual Multimedia di tahun ajaran 2024/2025.
Dari hasil evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan, murid dapat mengikuti pembelajaran di Skada Media Studio dengan senang dan baik. Murid merasa apa yang telah dipelajari di kelas dapat langsung diimplementasikan di Skada Media Studio. Sehingga kesempatan untuk mempraktikan dan mengasah keterampilan untuk meningkatkan kompetensi keahlian DKV lebih luas lagi.
Beberapa keberhasilan dari Pembelajaran Kreatif dan Inovatif melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Skada Media Studio SMKN 2 Balikpapan ini, bisa dilihat dari indikator:
- Sejak kompetensi keahlian Multimedia berdiri di SMKN 2 Balikpapan, hampir tidak pernah mengikuti Lomba Keterampilan Siswa (LKS) SMK, Alhamdulillah pada tahun 2023 salah satu murid kelas XII Multimedia telah mengikuti dan mampu menjadi Juara 1 LKS SMK Tingkat Kota Balikpapan dan pada tahun 2024 mendapatkan Juara 2 LKS SMK Tingkat Kota Balikpapan.
- Murid telah mempu mempresentasikan hasil karyanya baik di hadapan sesama murid, guru maupun orang lain.
- Murid telah mampu menghasilkan karya desain baik sebagai hasil proyek pembelajaran maupun karya desain yang dapat bernilai jual dan membuat penyemangat mereka dalam menghasilkan karya yang lebih baik dan menumbuhkan jiwa enterpreneur.
- Murid mampu menyelesaikan tugas proyek dengan melaksanakan tahapan-tahapan yang ada di metode design thinking.
- Skada Media Studio saat ini bukan hanya menjadi branding baru bagi guru, dan murid di DKV. Tapi juga telah diterapkan oleh guru-guru DKV dan menjadi Teaching Factory yang ada di SMKN 2 Balikpapan.
- Bahkan dalam perkembangannya, Skada Media Studio menjadi salah satu bagian yang membuat SMKN 2 Balikpapan mendapatkan program SMK Pusat Keunggulan dari Ditjen Pendidikan SMK.
Kendala yang dihadapi dan solusi yang telah dilakukan dalam pembelajaran melalui Skada Media Studio adalah:
- Sebagian murid masih merasa kepercayaan dirinya kurang, sehingga guru harus bisa membangun kepercayaan diri murid agar mereka percaya dengan kekuatan yang dimiliki.
- Sebagian murid merasa bahwa apa yang mereka lakukan dalam pembelajaran itu terkadang tidak menyenangkan bagi dirinya, sehingga guru juga harus bisa menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan bagi murid dengan berbagai pola dan metode yang ada.
Kedepannya pembelajaran kreatif dan inovatif melalui P5 Kebekerjaan di Skada Media Studio SMKN 2 Balikpapan ini bukan hanya sekedar pembelajaran P5 Tema Kebekerjaan biasa, Tapi pembelajaran yang dapat mengekslorasi lebih banyak lagi ide, kreativitas dan inovasi yang terkait dengan kompetensi keahlian mereka, serta menumbuhkan jiwa entrepreneur murid DKV di SMKN 2 Balikpapan.
Demikian penjelasan singkat tentang Praktik Baik Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kebekerjaan di Skada Media Studio SMKN 2 Balikpapan Menggunakan Metode Design Thinking yang telah dan akan terus dilakukan untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, pembelajaran yang berpusat kepada murid, membiasakan pembelajaran berdiferensiasi dengan bentuk tugas proyek pembelajaran yang memberi ruang dan kesempatan kepada murid untuk memiliki keterampilan abad 21 yang membekali murid untuk dapat menghadapi kehidupannya di masa mendatang, dan menggali potensi kreativitas dan inovasi yang dimiliki murid, serta menjadikan guru sebagai pemimpin pembelajaran di kelas.
Teman-teman pembaca bisa mengunduh file naskah Praktik Baik Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kebekerjaan di Skada Media Studio SMKN 2 Balikpapan Menggunakan Metode Design Thinking melalui alamat tautan berikut ini:
Selain naskah praktik baik, berikut juga saya sertakan video Praktik Baik Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kebekerjaan di Skada Media Studio SMKN 2 Balikpapan Menggunakan Metode Design Thinking yang juga saya simpan di saluran youtube Bambang Herlandi
Terima kasih telah berkunjung dan membaca serta menonton Praktik Baik Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kebekerjaan di Skada Media Studio SMKN 2 Balikpapan Menggunakan Metode Design Thinking. Semoga bermanfaat.
Terima kasih banyak,
Salam dan bahagia,
Bambang Herlandi
Guru SMKN 2 Balikpapan