Panser Buatan Pindad

KARYA generasi anak Indonesia dalam bidang teknologi perlahan terus menunjukan kebanggaan bagi bangsanya. Salah satu karya terbaik, PT Pindad membuat kendaraan berlapis baja alias panser.

Panser buatan Pindad yakni Armoured Personnel Carrier (APC) atau kendaraan lapis baja personil carrierdengan 6 roda simetris drove dirancang khusus untuk militer, terutama keperluan kavaleri.

Dirancang dan diproduksi oleh para insinyur dan desainer untuk militer. Ukuran dan operasi telah disesuaikan kebutuhan Militer Indonesia, dan memerangi doktrin taktis strategi. Jenis panser mampu membawa 10 personil dengan 3 Crews, 1 driver, 1 commander dan 1 pemburu. Mounting senjata 12,7 mm dengan kemampuan untuk 360 derajat termasuk rotasi.

TNI AD memesan 150 buah Panser APC bermesin Renault Spa Franchcrome ukuran 6×6 dan APC seri ambulans. Tahun lalu PT Pindad sudah menyerahkan beberapa unit dan rencananya PT Pindad akan menyerahkan sekitar 10 unit panser pada 20 September 2009 atau sebelum HUT TNI 5 Oktober nanti. Sedangkan sisanya akan diserahkan secara bertahap.

Sebanyak 150 panser APC 6×6 antara lain jenis komando, ambulans, recovery, cargo, logistik dan mortar. Selain itu TNI juga memesan empat panser 4×4 jenis intai. Bertambahnya kendaraan lapis baja yang dimiliki TNI bisa dipastikan akan menambah kekuatan bangsa ini. (suria)

About Bambang Herlandi 248 Articles
Seorang Blogger yang sehari-hari bekerja dan mengajar sebagai guru desain grafis, juga sebagai IT Freelance dan Web & Graphic Designer serta penghobi Photography.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: