Bolu Bantat ini Bisa Dijadikan Oleh-Oleh Kaltim

Amanda Brownies Balikpapan jadi oleh-oleh Kaltim (Sumber foto: Amanda Brownies Balikpapan)
Amanda Brownies Balikpapan jadi oleh-oleh Kaltim (Sumber foto: Amanda Brownies Balikpapan)

Buat tangan atau oleh-oleh jadi hal yang wajib dibawa bagi kita yang berkunjung ke suatu daerah atau tempat. Bermacam oleh-oleh bisa kita temukan dari yang berbentuk barang cinderamata sampai kuliner. Dan kuliner berupa bolu bantat yang satu ini bisa dijadikan oleh-oleh kuliner dari Balikpapan dan juga oleh-oleh Kaltim.

Apa sih Bolu Bantat itu?

Bolu bantat itu sebenarnya kosa kata yang berasal dari keluarga saya. Saat itu, almarhum ibu saya suka membuat bolu. Dan pada suatu waktu, bolu yang dibuat ibu saya tidak mengembang alias bantat. Tapi tetap terasa enak, karena memang terbuat dari adonan bolu coklat yang enak. Singkat cerita, saya pernah membawakan oleh-oleh buat ibu saya sebuah buah tangan kuliner berupa brownies. Serta merta ibu saya teringat saat beliau pernah membuat bolu yang bantat, tersenyum sembari berkata, “kalau sekarang bolu bantat malah dijual dan jadi oleh-oleh ya”. Dari kisah itulah, saya jadi terbiasa menyebut brownies dengan sebutan bolu bantat.

Beda bolu bantat yang saya ceritakan di atas dengan bolu yang satu ini. Bolu yang satu ini adalah brownies kukus yang sudah sangat terkenal dan menjadi oleh-oleh disaat kita berkunjung ke beberapa kota besar di Indonesia. Bahkan di beberapa bandara di Indonesia, kita sering menemukan mini outlet. Berawal dari resep keluarga yang sukses dilempar ke pasaran di kota Bandung (mungkin dulunya berasal dari bolu yang bantat juga kali ya… hehehe), hingga membuat brownies kukus ini tersebar luas ke seluruh antero Nusantara yang saat ini sudah memiliki 112 outlet.

Amanda Brownies, begitu kita mengenalnya. Sudah memiliki outlet di berbagai kota besar di Indonesia, diantaranya bisa dipastikan di kota-kota Pulau Jawa sudah banyak outletnya. Ada juga outlet di kota-kota Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Timur. Khusus di Kalimantan Timur (Kaltim) sendiri, Amanda Brownies sudah membuka outlet besarnya di 2 kota, yaitu: Kota Balikpapan dan Samarinda dengan tambahan 7 outlet mini yang ada di beberapa Kota di Kaltim.

Outlet Amanda Brownies Balikpapan

  • Outlet Besar Amanda Brownies Balikpapan (Sumber foto: Koleksi pribadi)
  • Outlet Besar Amanda Brownies Balikpapan (Sumber foto: Koleksi pribadi)
  • Outlet Besar Amanda Brownies Balikpapan (Sumber foto: Koleksi pribadi)

Bagi warga Kota Balikpapan tentunya tidak asing lagi dengan nama Amanda Brownies. Apalagi dengan tipe masyarakat kota Balikpapan yang suka dengan kuliner, membuat Amanda Brownies bisa menjadi salah satu pilihan baik untuk dimakan bersama keluarga atau menjadi oleh-oleh kaltim. Apalagi jarak antara Outlet Besar Amanda Brownies Balikpapan dengan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan bisa dibilang dekat. Cukup 10 menit saja dari outlet ke Bandara. Jadi tidak perlu khawatir apabila ingin membeli Brownies Amanda yang akan dijadikan oleh-oleh dari Kaltim.

Outlet Besar Amanda Brownies Balikpapan sendiri yang dibuka sejak tahun 2014 menjadi kota kedua setelah Amanda Brownies Samarinda yang dibuka setahun lebih awal. Dan menjadi kota kedua yang ada di Kalimantan Timur.

Outlet Besar Amanda Brownies Balikpapan menjadi outlet besar ke 43 dari 112 yang ada di Indonesia. Outlet besarnya yang berada di Jalan Jenderal Sudirman No. 25 Balikpapan tepatnya di Depan Kantor Besar Samsat Markoni Balikpapan. Selain outlet besar, di Kota Balikpapan juga terdapat 3 (tiga) outlet mini yang bisa kita temukan di SPBU Karang Anyar (1), di Jalan Soekarno Hatta Km 2.5 samping terminal bus Pulau Indah (1), dan di Rapak Plaza depan Toko Buku Karisma (1). Selain itu, juga terdapat mobile outlet yang sering nongkrong di depan Samsat Batakan Balikpapan.

Saat ini Amanda Brownies Balikpapan juga sedang mengadakan Event Sales di Manggar tepatnya di Jalan Mulawarman Komplek Ruko Manggar Baru (deretan Andalas).

Oleh-Oleh Kuliner dari Kaltim

Dari sekian banyaknya kuliner yang tersedia di Kaltim, Amanda Brownies Balikpapan bisa menjadi oleh-oleh pilihan terbaik. Selain mudah dibawa, brownies ini juga tahan lama saat dijadikan buah tangan kuliner. Dan pastinya tanpa bahan pengawet, karena ketahanan browniesnya didapat dari proses pemanasan pengukusan atau pemanggangannya. Brownies ini diklaim tahan hingga 7 hari alias 1 minggu bila disimpan di lemari pendingin atau bisa sampai 5 hari jika berada di suhu ruang. jadi aman untuk dikonsumsi.

Variasi Rasa Amanda Brownies Balikpapan

Semasa hidupnya, Almarhum Ibu saya paling senang kalau dibawakan oleh-oleh yang bisa langsung dinikmatinya. Maklumlah, beberapa gigi beliau sudah copot. Jadi inginnya makan yang lembut-lembut. Amanda Brownies jadi pilihan terbaik buat para kakek nenek yang ingin makan tapi tidak susah mengunyah dan mencernanya. Beliau sangat suka dengan Amanda Brownies dengan varian rasa original. Varian ini juga menjadi salah satu varian rasa yang sangat digemari selain Cream Cheese di Amanda Brownies Balikpapan.

Pilihan menu atau variasi rasa Amanda Brownies Balikpapan terbilang sangat banyak. Mulai dari yang original hingga yang berasa juga ada. Sayangnya, “rasa yang pernah ada” tidak ada di menu pilihan Amanda Brownies Balikpapan (hahaha…). Dengan harga yang terjangkau, tidak sampai harus menjual motor atau menggadaikan rumah, kita sudah dapat membawa pulang Amanda Brownies Balikpapan, kita sudah bisa membawa pulang (Tapi tidak termasuk mbak-mbak yang jaga outletnya ya… hehehe…) brownies kukus yang memiliki rasa yang sangat khas ini.

Pilihan menu brownies kukus yang ada di Amanda Brownies Balikpapan yang bisa dijadikan oleh-oleh kuliner dari Kaltim, diantaranya:

  1. Original
  2. Cream Cheese
  3. Banana Cheese
  4. Blueberry
  5. Cappucino Marble
  6. Cocho Marble
  7. Green Tea
  8. Pink Marble
  9. Sarikaya Pandan
  10. Strawberry
  11. Tiramisu Marble
  • Amanda Brownies Balikpapan varian Brownies Bakar

Selain itu, Amanda Brownies Balikpapan juga telah mengeluarkan produk yang berbeda, yaitu produk brownies bakar (tapi tidak pakai hangus) dan juga Brownies kering.

Amanda Brownies Balikpapan varian Brownies Bakar
Amanda Brownies Balikpapan varian Brownies Bakar (Sumber foto: Amanda Brownies Balikpapan)
Amanda Brownies Balikpapan varian Brownies Kering (Sumber foto: Amanda Brownies Balikpapan)
Amanda Brownies Balikpapan varian Brownies Kering (Sumber foto: Amanda Brownies Balikpapan)

Paket Hemat Amanda Brow

Kita juga bisa mendapatkan Amanda Brownies dalam bentuk paket hemat dan pastinya dengan harga yang lebih terjangkau.

Paket Hemat Amanda Brownies Oleh-oleh Kaltim (Sumber: Amanda Brownies Balikpapan)
Paket Hemat Amanda Brownies (Sumber: Amanda Brownies Balikpapan)

Mencari oleh-oleh kuliner Kaltim di Kota Balikpapan untuk dijadikan buah tangan tidak susah. Tinggal mampir saja ke Jalan Sudirman No. 25 Balikpapan. Dan kita tinggal pilih “rasa” apa yang mau kita sampaikan ke orang-orang tersayang. Dari rasa sayang yang original sampai rasa sayang yang bervariasi, semuanya ada di Amanda Brownies Balikpapan. Ayo buruan ke outletnya dan bungkus sebanyak-banyaknya. Jangan lupa sisakan buat saya ya. Info lebih lengkap bisa langsung ke situs web resminya di https://amandabrownies.co.id/

Pesan Amanda Brownies Balikpapan di Grabfood dan Gofood

Buat kalian yang mager, juga bisa mendapatkan Amanda Brownies Balikpapan melalui Grabfood dan Gofood. Jadi kalau ada saudara datang dan ingin dibawakan oleh-oleh dari Balikpapan, tidak perlu repot-repot untuk ke Outlet. Bisa langsung order dari gawai sambil rebahan, sudah bisa membeli oleh-oleh kuliner Kaltim ini.

Silakan beri komentar kalau kamu pernah membuat bolu bantat tapi tetap enak dimakan. Semoga tulisan Bolu Bantat ini Bisa Dijadikan Oleh-Oleh Kaltim ini bisa bermanfaat. Salam dari orang Balikpapan yang suka kuliner untuk semua para pembaca yang tidak memiliki kosa kata “diet” di dalam kamus hidupnya. (pbb)

About Bambang Herlandi 225 Articles
Seorang Blogger yang sehari-hari bekerja dan mengajar sebagai guru desain grafis, juga sebagai IT Freelance dan Web & Graphic Designer serta penghobi Photography.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: