Wimax untuk Desa, LTE Tetap di Kota

Jakarta – Telkomsel tengah menguji coba teknologi Long Term Evolution (LTE) sebagai kelanjutan dari 3G. Namun akses broadband ini tak akan masuk desa karena sudah ada Wimax.

     Direktur Utama Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno mengatakan demikian di kantor pusat Telkomsel, Jakarta, Rabu (25/2/2009). Lisensi Wimax diperoleh Telkomsel karena memenangkan tender Universal Service Obligation (USO).

     “Masyarakat desa tak perlu 3G karena nanti ada Wimax. Yang perlu 3G cuma orang yang mobile di perkotaan,” ujarnya.
     Sarwoto sendiri belum bisa menjelaskan banyak soal rencana pengembangan kedua teknologi tersebut karena masih sibuk mengurusi proses tender. “Maret ini kami akan mengundang vendor untuk tender VSAT,” jelasnya.
     VSAT atau Very Small Aperture Terminal menjadi upaya terakhir Telkomsel untuk menjangkau daerah terpencil. Jika masih memungkinkan tanpa VSAT, kata Sarwoto, 24.051 desa USO akan dilayani menggunakan teknologi GSM dan tambahan repeater. ( rou / fyk )

Sumber: detik.com

About Bambang Herlandi 250 Articles
Seorang Blogger yang sehari-hari bekerja dan mengajar sebagai guru desain grafis, juga sebagai IT Freelance dan Web & Graphic Designer serta penghobi Photography.

1 Comment on Wimax untuk Desa, LTE Tetap di Kota

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*