OPPO Reno 10x Zoom-Indonesia – 10x Wonderful Journey, Pembuktian OPPO Reno 10x Zoom sebagai Ponsel Kameranya Fotografer

OPPO Reno 10x Zoom
OPPO Reno 10x Zoom

Satu lagi event first looking ponsel anyar digelar di Kota Balikpapan. Kali ini kesempatan OPPO Indonesia yang memperkenalkan produk terbarunya OPPO Reno 10x Zoom dalam sebuah acara workshop yang digelar dengan tajuk OPPO Reno : ZOOM – INDONESIA, 10x Wonderful Journey” yang bertempat di Plaza Balikpapan, 20 Juli 2019.

Alhamdulillah saya bersama rekan-rekan yang tergabung di dalam Komunitas Blogger Balikpapan mendapatkan undangan sesi workshop dan experience yang menghadirkan seorang photographer expert Mas Novem J.H. Lawalata yang kali pertama datang ke kota Balikpapan.

Ada sebuah kebanggaan sebagai warga Kota Balikpapan, karena ternyata event “OPPO Reno : ZOOM – INDONESIA, 10x Wonderful Journey” ini adalah event yang digelar di satu-satunya kota yang ada di pulau Kalimantan dari 20 kota di Indonesia yang rencananya akan dilewati dan menghadirkan cerita seru tentang OPPO Reno Series. Saya sempat bertanya kepada Mas Angga sebagai perwakilan OPPO Indonesia yang juga hadri di lokasi acara, “kenapa Kota Balikpapan dipilih untuk event nasionalnya OPPO ini?” Dan ternyata jawabannya adalah karena respon positif yang selalu diberikan oleh warga Kota Balikpapan terhadap produk-produk OPPO.
Hmmm…
Ternyata kotaku ini sudah bisa dijadikan tren perkembangan ponsel dan teknologi yang ada di dalamnya. Keren…

Sesi Kenalan dengan OPPO Reno 10x Zoom

Seperti biasa, sesi pertama diisi dengan presentasi produk. Dan kali ini presentasi tentang OPPO Reno Series yang disampaikan oleh Mas Herli dari OPPO Balikpapan. Sesi yang mengenalkan seperti apa perwujudan OPPO Reno 10x Zoom dan OPPO Reno ini sudah cukup membuat peserta workshop yang hadir sedikit terperangah dengan spesifikasi yang dihadirkan OPPO pada unit OPPO Reno 10x Zoom.

Bagaimana tidak terperangah, spesifikasi yang dihadirkan pada OPPO Reno Series terutama OPPO Reno 10x Zoom bukanlah spesifikasi ponsel kaleng-kaleng. Tapi sudah bisa dibilang spesifikasi ponsel kelas dewa alias kelas high-end yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 855 dengan RAM 8 GB dan ROM yang sudah mencapai kapasitas 256 GB. Sedangkan untuk versi OPPO Reno sendiri menggunakan processor Qualcomm Snapdragon 710 dengan RAM sebesar 6 GB dan kapasitas ROM sebesar 128 GB.

Sesi presentasi produk yang disampaikan oleh Mas Herli dari OPPO Balikpapan

Sesi Workshop Fotografi OPPO Reno 10x Zoom

Sesi kedua kali ini berisikan sesi workshop fotografi yang menghadirkan Mas Novem yang juga seorang photographer expert.

Mas Novem sendiri adalah seorang fotografer yang suka motret landscape, travel dan astro. Dan dalam kesempatan tersebut, Mas Novem memberikan sharing singkat tentang teknik fotografi komposisi “Rule of Thirds” yang merupakan teknik dasar dalam memotret apapun perangkat yang kita gunakan. Menurutnya, saat ini kita juga sudah diuntungkan dengan perangkat kamera terutama di ponsel yang telah memiliki fungsi grid rule of thirds sehingga lebih mudah menghasilkan foto terbaik dengan komposisi yang benar.

Selain menyampaikan teknik komposisi rule of thirds atau aturan sepertiga yang memanfaatkan penempatan objek pada potongan garis imajiner saat kita memotret. Mas Novem juga mempresentasikan beberapa foto yang diambil di Kota Balikpapan dengan menggunakan kamera ponsel OPPO Reno 10x Zoom.

Respon peserta juga sangat baik, terbukti dengan banyaknya peserta yang bertanya baik tentang teknik fotografi maupun pengalaman menggunakan ponsel OPPO Reno 10x Zoom. Sampai-sampai Ucha yang menjadi MCnya kewalahan berbagi mic kepada peserta yang bertanya.

Sesi workshop fotografi disampaikan oleh Mas Novem seorang photographer expert.

Pembuktian Kecanggihan OPPO Reno 10x Zoom

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, Spesifikasi OPPO Reno 10x Zoom bukanlah spesifikasi ponsel kaleng-kaleng. Dan untuk membuktikannya, peserta yang hadir diberi kesempatan untuk mencoba kecanggihan OPPO Reno 10x Zoom.

Kesan pertama yang saya rasakan saat pertama kali menggenggam OPPO Reno 10x Zoom, sama rasanya seperti menggenggam “tangannya si dia” saat pertama kali dulu. Tidak bisa terlupakan sampai sekarang.

Pengen rasanya langsung dibawa pulang saja, tapi sayang OPPO Reno 10x Zoom yang disediakan cuma ada 1 (satu) unit untuk “digilir” bareng teman-teman Blogger Balikpapan dan cuma bisa ngetes unit di lokasi event workshop “OPPO Reno : ZOOM – INDONESIA, 10x Wonderful Journey” tersebut saja.

Penampakan sisi depan ponsel OPPO Reno 10x Zoom
Penampakan sisi belakang ponsel OPPO Reno 10x Zoom

Bukan cuma ponselnya yang good looking dengan desain yang tergolong mewah, Tapi hasil jepretan kamera belakangnya yang terdiri dari triple lens juga tidak kalah dengan hasil jepretan kamera DSLR atau mirrorless keluaran terbaru saat ini.

Bagaimana tidak, Kamera belakangnya terdiri dari 1 lensa dengan resolusi 48MP yang jernih, 1 lensa tele 13MP dan 1 lensa wide-angle beresolusi 8MP. Dengan 3 lensa yang tertanam di kamera belakang tersebut, OPPO Reno 10x Zoom bukan Cuma bisa motret landscape dengan lensa lebarnya, motret modelanpun bisa, motret makro juga bisa, apalagi cuma motret human interest. Pokoknya dengan OPPO Reno 10x Zoom sudah bisa menggantikan kamera sungguhan dan pastinya tidak pakai ribet.

Hasil pemotretan menggunakan kamera belakang dengan mode lensa lebar
Hasil pemotretan menggunakan kamera belakang dengan mode lensa lebar
Hasil pemotretan menggunakan kamera belakang dengan mode makro
Hasil pemotretan menggunakan kamera belakang dengan mode normal
Hasil pemotretan menggunakan kamera belakang dengan mode normal

Kemampuan kamera depan OPPO Reno 10x Zoom juga layak diacungi jempol. Karena hasilnya sudah tergolong keren tanpa harus diedit macam-macam. Apalagi dengan desain kamera depan yang menggunakan fitur Pivot Rising Camera yang menghasilkan layar LCD AMOLED ponselnya lebih luas tanpa poni.

Pokoknya dengan OPPO Reno 10x Zoom, Level fotografer bisa naik jadi 1 tingkat dari sebelumnya. Dan filosofi “Man Behind the Guns” yang pasti bisa diterapkan seorang fotografer saat menggunakan kamera OPPO Reno 10x Zoom untuk memotret dengan hasil memuaskan.

Dalam konsep desain, ponsel OPPO Reno 10x Zoom sendiri menghadirkan desain mewah dengan desain full body glossy dan layar berpelindung Corning Gorilla Glass 6 dengan diameter 6,6 inchi untuk OPPO Reno 10x Zoom dan 6,4 inchi untuk OPPO Reno.

Walaupun bodi belakangnya kelihatan rata tanpa lengkungan frame lensa kamera yang biasanya melindungi lensa kamera dari goresan. Tapi tidak perlu khawatir, karena OPPO Reno Series telah menggunakan fitur terbaru Protective O-Dot yang belum ada di ponsel lainnya, yang berfungsi melindungi dan memberi jarak antara bodi ponsel dan permukaan saat ponsel diletakkan pada permukaan yang datar.

Penampakan Protective O-Dot OPPO Reno 10x Zoom. Titik kecil yang menonjol dibagian belakang ponsel dengan fitur unik dan warna mencolok

Event OPPO Reno : ZOOM – INDONESIA, 10x Wonderful Journey” ini memang bisa jadi pembuktian OPPO Reno 10x Zoom sebagai ponsel kameranya para fotografer. Tapi sayangnya terasa sangat singkat apalagi untuk mengeksplor lebih dalam tentang desain dan kecanggihan OPPO Reno Series. Ada rasa belum puas hanya bisa menggenggam OPPO Reno 10x Zoom dalam beberapa jam saja. Tapi kesempatan yang diberikan memang terbatas. OK lah gapapa, semoga saya bisa memenangkan dan berhasil bawa pulang ponsel kamera “gila” ini. Biar bisa puas mereviewnya.

Foto bareng peserta workshop “OPPO Reno : ZOOM – INDONESIA, 10x Wonderful Journey” di Balikpapan (20/07/2019).
View this post on Instagram

Satu lagi event first looking ponsel anyar digelar di Kota Balikpapan. Kali ini kesempatan OPPO Indonesia yang memperkenalkan produk terbarunya OPPO Reno 10x Zoom dalam sebuah acara workshop yang digelar dengan tajuk “OPPO Reno : ZOOM – INDONESIA, 10x Wonderful Journey”yang bertempat di Plaza Balikpapan, 20 Juli 2019. Alhamdulillah saya bersama rekan-rekan yang tergabung di dalam Komunitas Blogger Balikpapan mendapatkan undangan sesi workshop dan experience yang menghadirkan seorang photographer expert @novemlawalata yang baru kali pertama datang ke kota Balikpapan. Ada sebuah kebanggaan sebagai warga Kota Balikpapan, karena ternyata event “OPPO Reno : ZOOM – INDONESIA, 10x Wonderful Journey” ini adalah event yang digelar di satu-satunya kota yang ada di pulau Kalimantan dari 20 kota di Indonesia yang rencananya akan dilewati dan menghadirkan cerita seru tentang OPPO Reno Series. Saya sempat bertanya kepada Mas Angga sebagai perwakilan OPPO Indonesiayang juga hadri di lokasi acara, “kenapa Kota Balikpapan dipilih untuk event nasionalnya OPPO ini?” Dan ternyata jawabannya adalah karena respon positif yang selalu diberikan oleh warga Kota Balikpapan terhadap produk-produk OPPO. Hmmm… Ternyata kotaku ini sudah bisa dijadikan tren perkembangan ponsel dan teknologi yang ada di dalamnya. Keren… Cerita serunya OPPO Reno 10x Zoom-Indonesia – 10x Wonderful Journey, Pembuktian OPPO Reno 10x Zoom sebagai Ponsel Kameranya Fotografer bisa dibaca di https://bambangherlandi.web.id/pembuktian-oppo-reno-10x-zoom-sebagai-ponsel-kameranya-fotografer/ @OPPOIndonesia @bpnblogger #Reno10xZoomIndonesia #OPPORenoSeries #IAmReno

A post shared by Bambang Herlandi (@bambangherlandi) on

.

Ingin Challenge Lagi, Traveling hanya dengan Satu Gadget

Bagi saya yang saat ini bekerja sebagai guru, blogger dan juga sebagai penghobi fotografi, setiap kali beraktivitas hampir tidak bisa dilepaskan dengan kebutuhan gadget berupa perangkat laptop dan kamera.

Pernah dulu suatu kegiatan di luar kota, saya bertekad untuk tidak membawa laptop dan kamera. Tapi saya pastinya sudah menyiapkan sebuah gadget yang all in one yang sudah bisa memenuhi kebutuhan bekerja sebatas aplikasi office, kamera dan editing foto & video, dan pastinya masih bisa terhubung dengan para siswa dan siswi saya di kelas walaupun berada di kejauhan.
Dan alhamdulillah, akhirnya saya berhasil juga melakukan semua aktivitas tersebut walaupun masih ada ketidakpuasan. Ketidakpuasan itu dikarenakan foto yang dihasilkan dari gadget yang saya bawa masih belum maksimal.

Setelah mencoba dan merasakan sendiri kemampuan dan kecanggihan OPPO Reno 10x Zoom ini, saya mungkin akan membuat challenge lagi buat diri saya sendiri untuk mengulangi pengalaman traveling ke luar kota baik untuk menjalankan tugas ataupun berlibur dengan hanya bermodalkan satu gadget OPPO Reno 10x Zoom. Saya ingin hunting dengan teman-teman fotografer hanya dengan bermodalkan kamera dari ponsel OPPO Reno 10x Zoom tanpa membawa kamera DSLR dan mirrorless yang pastinya agak ribet.

Seperti apa hasil challenge-nya pasti akan lebih seru dari pengalaman saya sebelumnya, karena gadget yang akan saya pakai ini adalah sebuah gadget canggih dengan kemampuan level high-end.

Hmmm… jadi ga sabar ingin mencobanya.

Wassalaam,
Bambang Herlandi
Blogger Balikpapan

About Bambang Herlandi 211 Articles
Seorang Blogger yang sehari-hari bekerja dan mengajar sebagai guru desain grafis, juga sebagai IT Freelance dan Web & Graphic Designer serta penghobi Photography.

12 Comments on OPPO Reno 10x Zoom-Indonesia – 10x Wonderful Journey, Pembuktian OPPO Reno 10x Zoom sebagai Ponsel Kameranya Fotografer

  1. Hai mas Bambang, salam kenal!

    Asiknya yang bisa nyobain Oppo Reno. Gadget ini seru dan bisa memenuhi kebutuhan foto, video, bahkan teknologi zoom-nya mirip2 dengan lensa tele ya.

    Selamat ya karena sudah berhasil membawa pulang satu unit Oppo Reno. Ditunggu update challenge travelling dengan 1 gadget-nya.

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Unboxing OPPO Reno 10x Zoom yang Cacat - Blog Bambang Herlandi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: