Transformasi Pembelajaran dengan Microsoft Teams

Dunia saat ini sedang bertransformasi menuju sebuah kehidupan dengan tatanan yang baru. Dunia yang dulu kita sebut sebagai Dunia Maya sekarang sudah menjadi Dunia Nyata. Dunia Pendidikan juga ikut melakukan tranformasi dalam metode pembelajaannya. Saat ini Microsoft 365, telah hadir dalam versi edukasi yang memberikan fasilitas dan fitur Microsoft 365 untuk dapat dipergunakan bagi siapapun yang sudah mengaktifkan akun sekolah atau perguruan tingginya. Saatnya Dunia Pendidikan melakukan transformasi pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Teams.

Saat ini kita sering mendengar tentang istilah e-learning, bahkan aebagian sekolah dan perguruan tinggi saat ini telah memanfaatkannya untuk proses kegiatan belajar mengajar. Lembaga Pendidikan berlomba membangun Learning Management System (LMS) yang dapat diakses oleh semua orang yang ada di dalam lembaga tersebut.

Kendala utama dalam membangun sebuah LMS adalah

  1. Kemampuan server dalam menampung semua orang yang ada di lembaga tersebut.
  2. Biaya yang dikeluarkan dalam membangun LMS tersebut.
  3. Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengelola LMS itu sendiri

Microsoft versi Pendidikan telah membangun sebuah membangun sebuah system yang dapat dimanfaatkan sebagai LMS dalam dunia Pendidikan. Di tempat asalnya, Microsoft 365 sudah sangat popular baik untuk dunia bisnis apalagi untuk dunia Pendidikan.

Apa yang ada dalam Teams?

Microsoft Teams (Tim) adalah pusat digital yang dibutuhkan guru dan pemimpin sekolah. Microsoft Teams menyatukan percakapan, konten, dan aplikasi di satu tempat, merampingkan alur kerja untuk administrator dan memungkinkan guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang bersemangat dan personal. 

Dengan Tim, Anda dapat membuat ruang kelas kolaboratif, mempersonalisasikan pembelajaran dengan tugas, terhubung dengan kolega di Komunitas Pembelajar Profesional (PLC), dan merampingkan komunikasi staf. Tim mendukung kolaborasi guru-ke-guru serta kolaborasi kelas dan komunikasi. Singkatnya, ini adalah satu alat yang dapat membantu tugas administrasi dan kelas pendidik, menghemat waktu guru dan mengajar siswa keterampilan siap di masa depan.

Microsoft Class Teams memberikan alur kerja kelas yang paling efisien kepada pendidik. Di dalam Tim, Guru dapat dengan cepat berkomunikasi dengan siswa, berbagi file dan situs web, membuat Notebook Kelas OneNote, dan mendistribusikan serta menilai tugas. Siswa bebas menggunakan aplikasi Microsoft yang paling mereka kenal, seperti:

  • Word,
  • PowerPoint,
  • OneNote, dan
  • Excel
  • Notebook Kelas OneNote yang telah terintegrasi dan manajemen tugas yang memungkinkan guru untuk mengatur pelajaran interaktif, menyampaikan pembelajaran yang dipersonalisasi, dan memberikan umpan balik yang efektif dan tepat waktu. 

Dengan satu lokasi untuk semuanya, Tim Kelas menghemat waktu Anda dan menyederhanakan kehidupan sehari-hari, membuat Anda bebas untuk fokus pada tugas terpenting Anda yang pada akhirnya bisa meningkatkan hasil pendidikan bagi siswa.

Kelebihan Microsoft Teams untuk Pembelajaran Jarak Jauh

  • Masing-masing peserta didik memiliki akun email yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas
  • Terhubung dengan aplikasi Office 365 versi online yang dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk proses pembelajaran tanpa biaya tambahan
  • Pengajar dan peserta didik akan terhubung dalam sebuah kelas dengan menggunakan fitur yang terdapat di dalam Microsoft Teams
  • Masing-masing pemilik akun mendapat kuota penyimpanan cloud menggunakan Aplikasi OneDrive sebesar 1 TB (1.000 GB)
  • Peserta didik yang telah memiliki akun dan tergabung ke dalam kelas akan mendapatkan buku catatan digital yang akan digunakan sebagai sarana belajar peserta didik di kelas digital
  • Peserta didik dapat menyimak pembelajaran jarak jauh melalui ruang kelas virtual
  • Peserta didik dapat berinteraksi baik dengan pengajar maupun teman sekelas dengan menggunakan fitur yang ada di dalam ruang kelas virtual
  • Peserta didik yang tidak dapat mengikuti proses pembelajaran yang telah dijadwalkan tetap dapat menyimak melalui rekaman yang telah disimpan oleh guru yang bersangkutan.

Kekurangan Microsoft Teams untuk Pembelajaran Jarak Jauh

  • Sekolah harus memiliki domain resmi
  • Sekolah wajib mendaftarkan domain sekolah yang dimiliki ke Microsoft
  • Sekolah wajib menghubungkan domain sekolah yang dimiliki ke akun microsoft
  • Peserta didik hanya bisa terhubung dengan guru, kelas, dan teman sekelas hanya dengan menggunakan akun berdomain smkn3bpp.sch.id
  • Orang tua/wali menyediakan perangkat digital (smartphone/laptop) yang terhubung ke internet
  • Orang tua/wali menyediakan koneksi internet yang baik dan stabil
  • Orang tua/wali mendampingi peserta didik dalam memanfaatkan media pembelajaran digital tersebut.

Demikian tulisan sngkat tentang Transformasi Pembelajaran dengan Microsoft Teams. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Wassalaam,
Bambang Herlandi
www.bambangherlandi.web.id

About Bambang Herlandi 213 Articles
Seorang Blogger yang sehari-hari bekerja dan mengajar sebagai guru desain grafis, juga sebagai IT Freelance dan Web & Graphic Designer serta penghobi Photography.

2 Comments on Transformasi Pembelajaran dengan Microsoft Teams

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: