ASUS VivoBook Ultra A412, Laptop Mini dengan Performa Maxi

ASUS VivoBook Ultra A412, Laptop Mini dengan Performa Maxi
ASUS VivoBook Ultra A412, Laptop Mini dengan Performa Maxi

Perkenbangan dunia laptop saat ini sudah sama seperti perkembangan dunia kuliner yang sangat pesat dan beragam jenisnya. Jenis dan spesifikasi laptoppun sekarang sangatlah beragam. Dari yang spesifikasi murah hingga spesifikasi dewa sudah mudah ditemukan. Tinggal duitnya saja yang sekarang perlu kita siapkan.

Kebutuhan laptop sudah sangatlah masif, terutama bagi para pekerja, pelajar dan mahasiswa. Bahkan di kota-kota besar, laptop sudah menjadi kebutuhan primer yang wajib dimiliki. Berbeda dengan beberapa dekade yang lalu, pemilik laptop bisa dianggap sangat bergengsi dan hanya para orang “sultan” yang punya duit banyak yang mampu memilikinya.

Dunia sudah sangatlah berubah pesat, begitu pula perkembangan dunia laptop yang membuat hampir setiap orang butuh perangkat yang namanya laptop untuk memenuhi menunjang kegiatan digitalnya.

Pengalaman Menggunakan Laptop

Pengalaman pertama kali memiliki laptop yang memang merupakan laptop pribadi dimulai sekitar tahun 2006. Saat itu kebutuhan laptop sangatlah urgent bagi saya, karena selain untuk keperluan mengajar sebagai guru IT, laptop yang saya beli juga saya pergunakan sebagai menyelesaikan pekerjaan sebagai freelance creative design di beberapa instansi. Kala itu, laptop dengan spesifikasi Intel Core 2 Duo susah sangatlah bisa menyelesaikan pekerjaan saya.

Cuma seperti kita ketahui, bahwa laptop pada zaman itu sangatlah tidak ergonomis, karena ukurannya yang sangat besar, tebal dan bobotnyapun lumayan berat. Bahkan karena keseringan membawa laptop berukuran 15” dengan ukuran yang besar, tebal dan bobot yang berat tersebut sempat membuat tulang belakang saya harus kembali mendapat perawatan dan harus melakukan terapi tulang belakang serta harus berpisah dengan laptop yang tercinta untuk beberapa saat.

Curhat sedikit boleh lah… jarang-jangan curhat beginian di blog. hahaha…

Dikenalkan dengan Laptop ASUS Terbaru melalui ASUS Blogger Gathering Balikpapan

Sebenarnya mengenal nama ASUS bagi saya sudah sangatlah lama, sejak 2000-an sudah sering memanfaatkan produk ASUS yang saat itu memanfaatkan motherboard dan optical disk drive alias CD dan DVD drive. Bukan hanya untuk kebutuhan pribadi, tapi juga untuk kebutuhan klien yang kebetulan zaman itu saya juga berprofesi sebagai pedagang komputer dan periperal kecil-kecilan.

Jadi, saat beberapa waktu yang lalu mendapat undangan ASUS Blogger Gathering Balikpapan, tentunya tidak saya sia-siakan untuk kembali mengupgrade info tentang produk ASUS yang sudah sangat terkenal sejak lama.

ASUS Blogger Gathering Balikpapan sendiri merupakan event ASUS dalam memperkenalkan produk terbarunya kepada para blogger dan penggiat medsos terutama aktivis instagram yang ada di Balikpapan. Kegiatan yang bertajuk ASUS VivoBook Ultra A412 Colorful is My Life ini dilaksanakan di Quartz Room Lt. 16 Office Tower Hotel Aston Balikpapan, Sabtu (7/09/2019).

ASUS Blogger Gathering Balikpapan yang dimanajerin oleh mbak Katerina ini menghadirkan Mas David Windra selaku Account Manager ASUS Balikpapan dan Mas Afit yang juga sebagai berkesempatan menyampaikan sharing pengalamannya sebagai Digital Nomad. Dan memperkenalkan produk barunya ASUS Indonesia yang baru dirilis bulan Juni 2019 berupa laptop ASUS VivoBook Ultra A412, Laptop Mini dengan Performa Maxi.

Keseruan acara ASUS Blogger Gathering Balikpapan bisa dibaca selengkapnya di postingan https://bambangherlandi.web.id/asus-blogger-gathering-balikpapan-keseruan-yang-sempat-tertunda/

Kenapa Harus Memilih ASUS VivoBook Ultra A412

Pada event ASUS Blogger Gathering Balikpapan tersebut, saya berkesempatan mencoba laptop ASUS VivoBook Ultra A412. Kesan pertama yang saya rasakan saat memegang laptop ASUS VivoBook Ultra A412 ini adalah sebuah laptop dengan ukuran yang tipis, ukuran kecil walaupun berlayar 14” dan pastinya berbobot lumayan ringan. Beda sekali dengan laptop pertama saya yang membuat cidera tulang belakang saya kambuh.

Selain itu juga laptop ASUS VivoBook Ultra A412 ini memiliki banyak pilihan warna membuat hidup kita semakin berwarna seperti tagline Colorful is my life yang diusung oleh ASUS VivoBook Ultra A412.

Berikut ini beberapa fitur canggih yang harus kita pertimbangkan kenapa harus memilih ASUS VivoBook Ultra A412

NanoEdge Display

ASUS VivoBook Ultra A412 memiliki desain yang sangat menarik, dengan bezel yang sangat tipis membuat rasio screen dibandingkan body laptop bisa sebesar 87%. Dengan bezel layar yang sangat tipis, hanya seukuran 5.7mm akhirnya membuat laptop ASUS VivoBook Ultra A412 menghasilkan laptop layar 14” ini serasa membawa laptop dengan ukuran 13”.

Selain bezel yang tipis, layar ASUS VivoBook Ultra A412 sudah memanfaatkan fitur Full High Definition alias FHD yang membuat mata kita dimanjakan saat bekerja maupun bermain.

Lightweight

Dengan ukuran laptop yang compact, juga membuat kita yang membawanya bisa lebih simpel, karena kita tidak perlu membawa tas laptop yang besar hanya untuk membawa laptop seukuran 14” dengan dimensi dan berat yang sangat ringan.

Bahkan dengan menjinjingnyapun, laptop dengan berat 1,5 Kg ini masih terasa nyaman dan tidak membebani kita yang membawanya. Bahkan dengan menjinjing laptop ASUS VivoBook Ultra A412 ini level kegantengan dan kecantikan person yang membawanya akan meningkat 100%.

Pokoknya dengan laptop ASUS VivoBook Ultra A412 ini tidak akan takut cidera tulang belakang kambuh lagi hanya karena berat laptop yang menambah beban hidup yang sudah mulai terasa berat bahkan akan membuat kita terlihat tambah keren dan kece. #eaaa

Design

Seperti taglinenya ASUS VivoBook Ultra A412 Colorful is my life kita tidak akan mati gaya, karena laptop ini tersedia dalam berbagai pilihan warna, antara lain

  • Transparent Silver yang bisa memberikan kesan tampilan yang ramping dan canggih
  • Slate Grey buat orang yang suka terlihat lebih sederhana.
  • Peacock Blue yang warnanya bisa berubah saat dilihat dari sudut yang berbeda, atau
  • Buat Anda yang suka menarik perhatian bisa memilih warna Coral Crush yang cerah.

ErgoLift

ASUS VivoBook Ultra A412 memiliki bentuk yang ErgoLift. Engsel ErgoLift yang didesain dan direkayasa dengan presisi memiliki fungsi ganda. Fitur pertama dengan engsel ErgoLift adalah membuat sudut kemiringan saat mengetik akan terasa lebih nyaman. Sedangkan fitur keduanya, engsel Ergolift ini membuat aliran udara panas dari bawah laptop bisa lebih cepat terbuang.

Performance

Performa yang dihasilkan dari laptop mini ASUS VivoBook Ultra A412 tidak bisa dibilang jelek, bahkan menurut saya, performanya sangat maxi dengan memanfaatkan prosesor Intel® Core™ terbaru dan RAM yang besar hingga 8 GB menggunakan DDR4.

Seperti kita ketahui, bahwa processor Intel® Core™ terbaru sangatlah handal digunakan pada komputer atau laptop baik itu multitasking yang produktif, pengeditan multimedia, atau games.

Ditambah lagi dengan dual-band Wi-Fi 5 (802.11ac), membuat pengalaman berselancar di dunia maya kita menjadi super cepat dengan kecepatan hingga 867Mbps.

Belum lagi storage yang sudah memanfaatkan Solid State Drive alias SSD yang memiliki kecepatan baca dan transfer data yang sangat cepat dan pastinya tanpa suara bising yang masih terkadang terdengar saat kita menggunakan storage dengan jenis harddisk.

Nah… yang satu ini terkadang masih diabaikan bagi penggunakan komputer dan laptop. Apa itu??? Windows 10 berlisensi alias Windows 10 original sudah ditanamkan ke dalam laptop ASUS VivoBook Ultra A412 sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya lebih saat membeli laptop ini atau bahkan membajak sistem operasi Windows 10 ke dalam laptop kita.

Fingerprint Sensor

Bukan hanya smartphone yang menggunakan fingerprint sensor, laptoppun sudah menggunakan sensor sidik jari ini. ASUS VivoBook Ultra A412 sudah memanfaatkan sensor sidik jari yang telah berkolaborasi dengan Windows Hello.

Fingerprint sensor ASUS VivoBook Ultra A412 berada di pojok kanan atas dari touchpad, yang memudahkan kita untuk menjangkaunya.

Dengan sensor sidik jari ini, kita tidak perlu parno saat mengetik password untuk mengakses laptop kita di tengah keramaian. Karena terkadang memang ada orang-orang jahil di sekitar kita yang matanya sangat gesit saat kita mengetik kata sandi di laptop kita. Dengan satu sentuhan jari, maka laptop kita sudah bisa diakses. Bye-bye mata spy jelalatan…

Keyboard

Kalau ingin punya laptop yang keyboardnya bisa menyala alias backlit keyboard, ASUS VivoBook Ultra A412 ini adalah pilihan yang tepat. Dengan backlit keyboard kita bisa tetap bekerja di lingkungan yang minim cahaya.

Keyboard ASUS VivoBook Ultra A412 telah memiliki fitur Backlit yang membuat kita tetap mudah beraktivitas walaupun dalam kondisi minim cahaya

Menurut website resmi ASUS Indonesia. Key caps-nya telah diuji hingga 10.000 ribu ketukan. Jadi kita tidak perlu khawatir tentang daya tahan keyboardnya. Asalkan tidak digigit pasti awet deh keyboardnya.

Connectivity

ASUS VivoBook Ultra A412 dilengkapi dengan port USB terbaru USB Type-C (USB-C) yang pastinya memiliki kecepatan transfer data yang hingga 10x lebih cepat dibandingkan dengan koneksi USB 2.0 yang lebih lama.

Selain USB-C, ASUS VivoBook Ultra A412 juga masih menyediakan port USB 3.1 Gen 1 dan USB 2.0, output HDMI, dan pembaca kartu microSD, sehingga kita tetap bisa menghubungkan semua perangkat peripheral, display, dan proyektor tanpa kesulitan.

Audio

ASUS VivoBook Ultra A412 dilengkapi dengan fitur ASUS SonicMaster yang merupakan kombinasi hardware, software, dan penyetelan audio yang dirancang untuk memanjakan dan memberikan pengalaman audio terbaik.

Battery

Kebutuhan primer saat ini terdiri dari pangan, sandang, papan dan charge-an (baca cessan). Kenapa charger-an??? Karena anak milenial itu tidak akan bisa hidup kalau tanpa sumber daya listrik untuk tetap menghidupkan gadgetnya.

Tetapi dengan ASUS VivoBook Ultra A412, satu kebutuhan pokok charger-an bisa kita singkirkan biar hidup tidak tambah berat karena harus bawa charger-an

Dengan laptop ASUS VivoBook Ultra A412 itu kita tidak menjadi ribet, ke mana-mana cukup bawa unitnya saja karena baterainya bisa tahan seharian berkat baterai polimer-lithium berkualitas tinggi. Teknologi pengisian daya baterai ASUS juga lebih cepat dan bisa melindungi baterai laptop dari pengisian yang berlebihan yang terkadang membuat baterai laptop menjadi gembung.

Dengan fitur fast charging, baterai laptop ASUS VivoBook Ultra A412 bisa diisi sebanyak 60% hanya dalam waktu kurang lebih 49 menit. Dan pastinya baterai laptop ini memiliki umur tiga kali lebih panjang.

Dengan baterai yang tahan lama, membuat kita bisa membawa laptop untuk bekerja di mana dan kapan saja cukup dengan membawa unit laptopnya tanpa harus dibebani dengan tambahan beban charger laptopnya

Jadi ASUS VivoBook Ultra A412 cocok banget buat blogger yang ke mana-mana harus bawa laptop untuk menulis di blog dan update status di media sosial serta transfer data dengan kecepatan tinggi.

Spesifikasi Lengkap ASUS VivoBook Ultra A412

Spesifikasi lengkap laptop ASUS VivoBook Ultra A412 bisa kita lihat di tabel berikut ini

Main Spec. ASUS VivoBook Ultra A412F
CPU Intel Core i3-8145U Processor (2C/4T, 4MB cache, up to 3.90GHz)
Intel Core i5-8265U Processor (4C/8T, 6MB cache, up to 3.90GHz)
Intel Core i7-8565U Processor (4C/8T, 8MB cache, up to 4.60GHz)
Operating System Windows 10
Memory 4GB DDR4 RAM
8GB DDR4 RAM
Storage 512GB M.2 PCIe SSD
Display 14.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare, NTSC 45%
Graphics NVIDIA GeForce MX250 with 2GB GDDR5 VRAM Integrated Intel HD Graphics 620             
Input/Output 1x USB 3.1 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.1 (Gen1) Type-A, USB 2.0 Type-A, HDMI, Audio Jack, MicroSD card reader
Camera HD Web Camera
Connectivity Dual-band 802.11ac Wi-Fi (2×2), Bluetooth 4.2
Audio Sonic Master audio, Array Microphone
Battery 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion Battery
Dimension 32.2(W) x 21.2(D) x 1.90 ~ 1.90 (H) cm
Weight 1.5Kg with battery
Colors Transparent Silver, Late Grey, Peacock Blue, Coral Crush
Price Start from Rp7.599.000
Warranty 2 tahun garansi global

Sumber tabel: ASUS Indonesia

ASUS VivoBook Ultra A412 memberikan kepada kita kebebasan dalam memilih processor dan RAM sesuai kebutuhan dan pastinya duit yang kita miliki.

Dengan spek yang bukan kaleng-kaleng seperti ASUS VivoBook Ultra A412 ini, ASUS Indonesia membandrol harga laptop ini mulai dari Rp7.599.000. Harga yang sebanding dengan performa maxi dan gaya yang kita terima dari sebuah laptop mini ASUS VivoBook Ultra A412.

Ingin Punya Laptop Mini dengan Performa Maxi

Untuk kebutuhan sebagai seorang guru, IT freelance, graphic designer, fotografer, dan blogger sebuah laptop ASUS VivoBook Ultra A412 sudah bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Cuma masih ada satu yang masih belum bisa dipenuhi oleh laptop ASUS VivoBook Ultra A412 untuk para graphic designer yang masih membutuhkan layar besar dalam menyelesaikan pekerjaannya. Selebihnya auto ingin punya laptop mini dengan performa maxi ASUS VivoBook Ultra A412.

Buat para siswa desain grafika saya yang ingin punya laptop mini dengan performa maxi, laptop ASUS VivoBook Ultra A412 ini bisa menjadi pilihan terbaik buat kamu. Kamu tidak perlu lagi dibebani dengan bawaan yang berat saat ke sekolah. Bawa beban hidup saja sudah berat, apalagi harus ditambah dengan laptop yang berat. Ya kan?!? (pbb)

About Bambang Herlandi 211 Articles
Seorang Blogger yang sehari-hari bekerja dan mengajar sebagai guru desain grafis, juga sebagai IT Freelance dan Web & Graphic Designer serta penghobi Photography.

10 Comments on ASUS VivoBook Ultra A412, Laptop Mini dengan Performa Maxi

  1. Wah keren banget…
    teman saya liat blog bpk, auto beli di gatra.. warbiasahhh.. harga nya pas di kantong anak pelajar + spek nya sdh menutupi semua kebutuhan, wawww! keren, mudah-mudahan ada rezeki buat beli laptop ini yg sdh teman saya rasakan..

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: