Press Release ASEAN BLOGGER CONFERENCE

Press Release ASEAN BLOGGER CONFERENCE

Museum Pasifika, Nusa Dua, Bali, 16-17 November 2011

Sebagai upaya untuk meningkatkan public awareness dan community outreachterbentuknya Komunitas ASEAN 2015, Indonesia selaku Ketua ASEAN bekerjasama dengan ASEAN Blogger Community (Komunitas Blogger ASEAN) Chapter Indonesia akan menyelenggarakan ASEAN Blogger Conference bertemakan “The New ASEAN and Its Cooperation with Dialogue Partners” di Museum Pasifika, Nusa Dua-Bali pada tanggal 16-17 November 2011.

ASEAN Blogger Conference akan diikuti oleh sekitar 200 peserta dari perwakilan blogger  10 negara-anggota ASEAN dan Perwakilan Komunitas Blogger seluruh Indonesia.

ASEAN Blogger Conference 2011 ini diharapkan dapat menjadi salah satu forum yang merupakan partisipasi, kepedulian dan rasa memiliki dari masyarakat terhadap masa depan ASEAN. Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta dapat melakukan curah gagasan tentang implementasi piagam ASEAN menuju pembentukan komunitas ASEAN 2015 yang people oriented dan people driven.

Perkembangan pesat dalam kerjasama ASEAN telah disaksikan bersama, terutama sejak diberlakukannya Piagam ASEAN pada tahun 2008 yang salah satunya ditujukan bagi pembentukan ASEAN Community 2015 melalui 3 (tiga) pilar sebagaimana termuat dalam Cha-am Hua Hin Declaration on the Road Map for the ASEAN Community, yaitu ASEAN Political-Security Community, ASEAN Economic Community, dan ASEAN Socio-Culture Community.

Dalam penyelenggaraan pertemuan pertama ASEAN Blogger Conference akan dibahas perkembangan pemanfaatan media sosial online di negara-negara anggota ASEAN dan langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh para blogger ASEAN untuk mendukung pencapaian Komunitas ASEAN 2015 melaui peran aktif masyarakat di negara masing-masing.

ASEAN Blogger Community (ABC) digagas oleh para blogger di berbagai kota di Indonesia pada saat Kemlu menyelenggarakan sosialisasi ASEAN di berbagai kota di Indonesia. Para bloggers di tanah air menginginkan agar ASEAN tidak hanya merupakan forum para elitis, diplomat dan pemerintah saja, tetapi juga hubungan dan komunikasi di antara rakyat.

ABC Chapter Indonesia diresmikan oleh Dirjen Kerjasama ASEAN Kemlu Djauhari Oratmangun 10 Mei 2011, dan bersama wakil-wakil komunitas blogger lainnya membubuhkan tandatangan di atas Deklarasi 11 Mei 2011.

Blogger Indonesia mengharapkan secara bersama-sama baik negara yang sudah maju dalam penggunaan media sosial, seperti Malaysia, Filipina, Thailand dan Singapura bersama Indonesia, maupun di Myanmar, Vietnam atau Laos dan Kamboja, para bloggers di ASEAN akan membentuk cabang di masing-masing negara.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidatonya pada pembukaan Sidang Ke-44 ASEAN Ministerial Meeting di Bali bulan Juli 2011 menyinggung mengenai gagasan pembentukan ASEAN Blogger Community. Presiden SBY menyambut baik pembentukan ASEAN Blogger Community yang menurutnya merupakan suatu gagasan inovatif.

ASEAN Blogger Community diakui Presiden memiliki peranan penting dalam mendorong proses terbentuknya Komunitas ASEAN 2015.

Menurut Presiden, terbentuknya hubungan antara rakyat-rakyat di kawasan Asia Tenggara menjadi tugas terbesar ASEAN yang merupakan organisasi kerjasama kawasan yang paling berhasil setelah Uni Eropa dan untuk itu ASEAN abad ke-21 itu harus dinamis dan relevan. Untuk menjadi dinamis dan relevan, ASEAN harus berpusat pada rakyat (people-centered) dan digerakkan oleh rakyatnya (people-driven).

Berbeda dengan 4 dekade yang lalu ketika ASEAN didirikan, kini negara-negara di Asia Tenggara menghadapi realitas ketika frekuensi dan intensitas kontak yang mendalam di antara rakyat di 10 negara ASEAN -melalui cable television, email, twitter, facebook- telah jauh melampau kontak antar pejabat pemerintah. Tidak ada pemerintah di dunia ini yang memiliki jawaban terhadap trend baru ini. Begitu pula ASEAN, kata presiden.

Oleh karena itu ASEAN harus cepat bertindak, melalui langkah-langkah kreatif dan dengan pikiran yang terbuka dalam mengemas kekuatan teknologi ini guna mendorong kontak di antara rakyat-rakyat Asia Tenggara.

Presiden juga memandang bahwa keeratan kontak di antara rakyat di negeri-negeri ASEAN penting dalam dalam mengembangkan hubungan diplomatik yang kreatif.

Jakarta, 10 November 2011

Sumber: http://aseanblogger.com/?p=820

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site is using OpenAvatar based on