Balikpapan sebagai Pilot Project Pitalebar DeTIKNas

Pagi ini (2/12/2014) saya mewakili Komunitas Blogger Balikpapan mnghadiri Focus Group Discussion (FGD) “Pilot Project Implementasi Rencana Pitalebar di Kota Balikpapan” yang digagas oleh Dewan TIK Nasional (Detiknas) bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan.
Diskusi yang menghadirkan Bapak Ilham Habibie sebagai Ketua Tim Pelaksana Detiknas ini membahas tentang kesiapan kota balikpapan sebagai pilot project pitalebar guna percepatan pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia.

Dewan TIK Nasional (DeTIKNas) atau Dewan Teknologi Nasional adalah lembaga koordinasi eksekutif yang dibentuk dan diketuai oleh Presiden Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 1 Tahun 2014. DeTIKNas memiliki visi untuk mempercepat pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia secara efisien dengan membuat kebijakan TIK secara nasional melalui sinkronisasi program-program TIK di seluruh Kementrian/Lembaga (K/L). (Sumber: detiknas.go.id)

Balikpapan sendiri merupakan salah satu dari 6 kota yang terpilih sebagai pilot project implementasi rencana pitalebar di Indonesia. Balikpapn juga mewakili kota yang berskala besar dan mewakili koridor Kalimantan dalam pilot project kali ini.

Tapi sangat disayangkan, even yang penting seperti ini, pemkot Balikpapan hanya mewakilkan kepada Staf Ahli Bidang Pemerintahan Drs. Bakhriansyah, M.Si. dikarenakan pada waktu yang bersamaan Walikota Balikpapan sedang ada kegiatan di rumah jabatan dan tamu tim penilai adipura yang juga sedang menyambangi kota Balikpapan.
Sedangkan beberapa kepala dinas (SKPD) juga hanya mewakilkan kepada para stafnya.

Harapan dari diskusi ini adalah Detiknas bisa mengetahui penggunaan aplikasi TIK yang telah dimanfaatkan, pemanfaatan infrastruktur jaringan, dan harapan untuk kondisi ideal dalam penggunaan sarana prasarana TIK serta paparan dari beberapa SKPD dan undangan yang hadir tentang hal-hal berkaitan tentang TIK yang sudah dilakukan.

Semoga diskusi ini bukan hanya jadi sekedar wacana tapi bisa diimplementasikan dengan baik untuk sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat Indonesia.

Wassalaam,
Bambang Herlandi
Komunitas Blogger Balikpapan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site is using OpenAvatar based on