Warganet Kecewa dengan Gathering Netizen MPR RI di Balikpapan

narasumber gathering netizen mpr ri di balikpapan
Para narasumber gathering netizen MPR RI di Balikpapan, dari kiri ke kanan Bambang Herlandi (Ketua Balikpapan Blogger Community), Slamet (Kepala PDSI Biro Humas MPR RI), Siti Fauziah (Kepala Biro Humas MPR RI), Mira Sahid (Moderator dan Soscial Media Influencer)

Satu lagi kegiatan kumpul-kumpul para bloger dan warganet dilakukan di Kota Balikpapan. Kali ini Sekretariat MPR RI yang menggandeng komunitas bloger yang ada di Kota Balikpapan menggelar kegiatan dengan tajuk “Gathering Netizen MPR RI”. Kegiatan yang mengumpulkan para bloger dan warganet ini merupakan Gathering Betizen MPR RI yang pertama kali digelar di pulau Kalimantan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 Desember 2019.

SEKILAS TENTANG GATHERING NETIZEN MPR RI

Gathering Netizen MPR merupakan sebuah ajang buat para bloger, warganet ngobrol bareng dengan Pimpinan MPR RI, guna memberi masukan tentang metode apa yang tepat dari teman-teman bloger dan warganet Balikpapan dalam menyebarluaskan informasi melalui media sosial baik Instagram, facebook, twitter, maupun blog tentang tugas, fungsi dan wewenang kelembagaan MPR RI. Selain itu, gathering netizen MPR RI ini juga menjadi media sosialisasi implementasi nilai-nilai luhur bangsa dalam bentuk 4 Pilar.

Yang terpentik dari sosialisasi-sosialisasi di atas, gathering ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para bloger dan warganet untuk dapat menangkal hoax serta menyebarluaskan konten positif di medsos masing-masing.

DIHADIRI PARA BLOGER DAN WARGANET DARI LUAR KOTA

Selain dihadiri oleh para bloger dan warganet yang berasal dari Kota Balikpapan, Gathering Netizen MPR ini juga dihadiri oleh para bloger dan warganet yang berasal dari luar kota Balikpapan. Setidaknya ada satu kelompok warganet yang berasal dari Kota Samarinda. Warganet Samarinda ini berasal dari satu sekolah yang sama, yaitu siswa dari SMA Negeri 11 Samarinda yang kebetulan alumni dan sekaligus pemenang Juara Kedua Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar yang digelar oleh MPR RI tahun 2018 yang lalu. Tidak tanggung-tanggung, mereka juga didampingi oleh pembinanya yang bernama Bapak Subandriansyah. Salut banget pak!

  • gathering netizen mpr ri di balikpapan
  • gathering netizen mpr ri di balikpapan

Ada juga seorang bloger Eny Adinda yang berasal dari Kota Banjar Baru Provinsi Kalimantan Selatan. Beauty Blogger yang memiliki blog dengan alamat www.enychan.com ini rela menempuh perjalanan panjang dari kota tempat tinggalnya yang berada di Kalsel demi mengikuti Gathering Netizen MPR RI di Balikpapan.

  • gathering netizen mpr ri di balikpapan

KETEMU TEMAN SEMASA ASEAN BLOGGER

Gathering Netizen MPR RI di Balikpapan ini selain jadi ajang silahturahmi antara para bloger dan warganet, juga jadi ajang silahturahmi saya dengan seorang teman semasa kegiatan ASEAN Blogger tahun 2011 yang dilaksanakan di Kota Bali. Mira Sahid yang saat ini sudah jadi seorang Social Media Influencer dan aktif bersama Setjen MPR RI mensosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan kepada para bloger dan warganet.

Mira Sahid sendiri berperan sebagai moderator ditemani oleh Nurliya Apriyana yang berperan sebagai MC datang ke Balikpapan bersama Kepala Biro Humas MPR RI Ibu Siti Fauziah yang juga jadi narasumber pada kegiatan Gathering Netizen MPR RI di Balikpapan.

  • Gathering netizen MPR RI

KECEWA DENGAN GATHERING MPR RI DI BALIKPAPAN

Secara umum, kegiatan ini sangat menarik bagi para bloger dan warganet yang hadir. Terlihat dari antusiasnya para peserta yang bertanya dan memberi masukan kepada para narasumber yang terdiri dari Ibu Siti Fauziah selaku Kepala Biro Humas MPR RI. Ada juga Bapak Slamet selaku Kepala Bagian PDSI Biro Humas Sekretariat Jenderal MPR RI dan saya sendiri Bambang Herlandi selaku Ketua Balikpapan Blogger Community mewakili teman-teman di Komunitas Bloger Balikpapan.

  • Gathering netizen MPR RI
  • Gathering netizen MPR RI

Pada kesempatan tersebut, Ibu Titi, panggilan akrab Ibu Siti Fauziah Kepala Biro Humas MPR RI yang juga mewakili Pimpinan MPR RI memaparkan, bahwa MPR RI sekarang itu anggotanya terdiri dari anggota DPR RI dan DPD RI yang saat ini pimpinannya berjumlah 10 orang, yang terdiri dari 1 orang Ketua MPR RI yang dijabat oleh Bambang Soesatyo, dan 9 orang Wakil Ketua MPR Ri yang mewakili 8 Fraksi Partai yang ada di DPR RI dan 1 Fraksi DPD RI.

Bu Titi juga menyampaikan bahwa MPR RI saat ini sangat berkeinginan untuk mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan kepada seluruh bangsa Indonesia baik yang berada di dunia nyata maupun di dunia maya. Karena memang saat ini dunia kita sudah terbagi dua. Jadi harus dua-duanya diberi pemahaman tentang 4 pilar kebangsaan.

Apa sih 4 Pilar MPR RI itu?

  1. Pancasila
  2. UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  3. Negara Kesatuan Republik Indonesia
  4. Bhinneka Tunggal Ika

Berkaitan dengan sosialisasi 4 Pilar tersebut, Seorang peserta yang hadir sempat mengajukan keluh kesahnya tentang sosialisasi 4 Pilar MPR RI. Menurutnya ada beberapa anggota MPR RI yang isi timeline media sosialnya tidak mencerminkan dengan lembaga MPR RInya yang sekuat tenaga untuk dapat mensosialisasikan 4 Pilar MPR.

Seperti yang kita ketahui, bahwa memang ada beberapa anggota DPR RI yang notabene adalah anggota MPR RI, tapi isi cuitan atau postingan di media sosialnya berbanding terbalik dengan 4 Pilar MPR yang dengan susah payah disosialisasikan MPR RI secara kelembagaan. Hal tersebut terkadang yang membuat masyarakat luas agak skeptis dengan peran anggota bahkan pimpinan MPR dalam mensosialisasikan 4 Pilar MPR itu sendiri.

“Kita perlu peran nyata pimpinan dan anggota MPR untuk memberi teladan dalam mensosialisasikan 4 Pilar MPR, bukan cuma omong kosong doang!!!”

Sebagian peserta juga merasa kecewa dengan Gathering Netizen MPR RI di Balikpapan, karena tidak dihadiri oleh pimpinan MPR sehingga peserta tidak bisa berdiskusi langsung kepada pimpinan MPR terutama tentang penerapan 4 Pilar bagi anggota MPR sendiri.

  • Peserta Gathering netizen MPR RI di Balikpapan
  • Peserta Gathering netizen MPR RI di Balikpapan
  • Peserta Gathering netizen MPR RI di Balikpapan
  • Peserta Gathering netizen MPR RI di Balikpapan
  • Peserta Gathering netizen MPR RI di Balikpapan
  • Peserta Gathering netizen MPR RI di Balikpapan
  • Peserta Gathering netizen MPR RI di Balikpapan
  • Peserta Gathering netizen MPR RI di Balikpapan
  • Peserta Gathering netizen MPR RI di Balikpapan
  • Peserta Gathering netizen MPR RI di Balikpapan
  • Peserta Gathering netizen MPR RI di Balikpapan
  • Gathering netizen MPR RI
  • Gathering netizen MPR RI

Seperti yang telah diposting pada tulisan sebelumnya https://bambangherlandi.web.id/gathering-netizen-mpr-ri-mampir-di-kota-balikpapan/ bahwa kegiatan yang berlangsung dari jam 8.00 hingga 13.00 wita ini dilaksanakan di Jade Room Lantai 16 Quartz Office Tower Aston Balikpapan. Semoga tahun 2020, Balikpapan masih diberi kesempatan untuk menjadi kota Gathering Netizen MPR RI lagi. (pbb)

About Bambang Herlandi 213 Articles
Seorang Blogger yang sehari-hari bekerja dan mengajar sebagai guru desain grafis, juga sebagai IT Freelance dan Web & Graphic Designer serta penghobi Photography.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: