Soal LKS SMK Tingkat Nasional Bidang Lomba Graphic Design Technology

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 dilaksanakan berbeda dengan LKS pada umumnya, dengan munculnya pandemi Covid-19 mendorong Indonesia untuk berubah dan tidak lagi menjalankan pola-pola yang lama. Seluruh lomba-lomba yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional dilakukan secara daring dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Sisi baik dari tantangan ini adalah siswa SMK diajak untuk bersahabat dan berkolaborasi dengan teknologi daring. Pusat Prestasi Nasional melakukan pembaharuan dengan melaksanakan LKS 2020 secara daring. LKS Tingkat Nasional Tahun 2020 melombakan sebanyak 42 bidang lomba. Diharapkan pada masa pandemi Covid-19 tidak mengurangi semangat siswa untuk berprestasi.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ikut mendukung pengembangan kualitas SMK dalam mengikuti perkembangan IPTEK dan memenuhi Visi Indonesia 2045. LKS Tingkat Nasional Tahun 2020 adalah salah satu kegiatan untuk mendorong semangat berprestasi peserta didik SMK yang diadakan setiap tahun dan sebagai upaya mempromosikan lulusan SMK kepada dunia usaha/dunia industri serta pemangku kepentingan lainnya.

Panduan Teknis LKS SMK Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 Daring merupakan dokumen pendukung pelaksanaan LKS demi tercapainya kegiatan agar berjalan dengan baik dan dapat memberikan informasi kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan LKS.

Unduh file Panduan Teknis LKS SMK Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 Daring di sini

Graphic Design Technology

Graphic Design Technology terdiri dari banyak keterampilan dan disiplin ilmu yang berbeda dalam produksi dan output desain grafis. Keragaman keterampilan yang dibutuhkan dalam industri ini sangat luas, umumnya orang-orang yang bekerja di bidang ini menjadi spesialis dalam aspek tertentu. Dalam proses bekerja secara tim, setiap anggota dapat memiliki kekuatan, spesialisasi dan peran masing-masing.

Graphic Design Technology adalah pekerjaan yang melibatkan klien external dan internal untuk menciptakan solusi unik yang sesuai dengan kebutuhan mereka, di dalam proses tersebut dapat mencakup pencetakan atau publikasi secara online. Orang yang bekerja di industri ini sering bekerja bersama klien secara intensif dengan klien mereka dan harus memiliki kecakapan komunikasi yang efektif sehingga dapat mencapai tujuan klien dengan sukses. Mereka membutuhkan keterampilan interaktif, riset, desain, dan penguasaan teknis yang kuat. Untuk mencapai ini, mereka perlu memahami target, pasar, tren, perbedaan budaya dan apa yang diinginkan oleh klien. Mereka harus dapat bekerja dalam tim formal atau informal, atau secara mandiri. Setelah menyelesaikan tahap riset dan perencanaan, proyek dapat diinterpretasikan dalam bentuk desain dengan menggunakan perangkat lunak khusus sesuai yang digunakan oleh industri. Desain harus diatur dengan spesifikasi teknis yang benar. Sangat penting untuk praktisi memahami semua tahapan prosedur dalam proses desain, termasuk memahami kendala yang dapat muncul dalam proses yang dilakukan. Keterampilan ini juga dibutuhkan dalam proses perancangan ulang desain atau memperbaharui desain yang sudah ada.

Ada berbagai peluang kerja dalam industri ini, seperti menjadi pekerja lepas, pemilik biro desain, atau dipekerjakan oleh perusahaan periklanan, pemasaran, desain atau percetakan. Mereka juga dapat dipekerjakan dengan divisi desain di sebuah perusahaan atau sebagai desainer internal perusahaan yang bekerja secara mandiri. Selain itu praktisi dalam bidang keterampilan ini memiliki peran yang luas atau mengkhususkan diri sebagai desainer grafis, seniman grafis, operator percetakan, tipografer, penata letak, perancang huruf, spesialis manipulasi foto, illustrator, art director, manajer produksi, spesialis perancang merek atau kemasan.

Kriteria Penilaian

Berikut ini adalah contoh dari aspek yang digunakan untuk penilaian. Berdasar pengembangan modul, beberapa modul mungkin lebih berbobot pada penilaian measurement dan yang lainya lebih mempertimbangkan penilaian judgement.

Section A – Proses Kreatif

A.1 Ide dan originalitas desain
A.2 Memahami target pasar
A.3 Kesatuan dan keterhubungan antara semua tugas (jika ada)

Section B – Final design

B.1 Kualitas komposisi visual (daya tarik estetika dan keseimbangan)
B.2 Dampak visual dan efektivitas komunikasi
B.3 Kualitas tipografi untuk desain (pilihan jenis, keterbacaan dan pemformatan)
B.4 Kualitas warna (pilihan, keseimbangan, harmoni) untuk desain
B.5 Kualitas manipulasi gambar (retouch, cloning, blending, penyesuaian warna, dll.)
B.6 menggambar ulang objek dalam aplikasi vektor untuk desain
B.7 Kualitas desain elemen lain (bagan, grafik, tabel, peta, gaya paragraf, dll.)
B.8 Kualitas presentasi atau perakitan 3D

Section C – Penggunaan Komputer

C.1 Resolusi gambar yang terhubung, embedded atau asli sebagaimana ditentukan dalam tugas
C.2 Mode warna (RGB or CMYK) dari gambar yang ditautkan sebagaimana ditentukan dalam tugas
C.3 Gambar atau dimensi elemen sebagaimana ditentukan dalam tugas
C.4 Menggunakan style sheets or master elements dalam seperti yang dipersyaratkan dalam tugas
C.5 Dimensi tata letak sesuai dengan yang di tentukan dalam tugas
C.6 Semua teks yang diperlukan ada dalam tugas
C.7 Semua elemen yang dibutuhkan ada dalam tugas
C.8 Penggunaan pedoman perusahaan yang sesuai dalam tugas

Section D – Kemampuan manual

D.1 Memasang hasil cetak pada papan untuk presentasi
D.2 Menyediakan hasil cetak saja
D.3 Merakit ke dalam bentuk 3D (Desain kemasan atau Desain manual)

Section E – Pengetahuan tentang industri percetakan

E.1 Bleed value diterapkan pada tata letak di file PDF sebagaimana ditentukan dalam tugas
E.2 Garis lipat, potong dan tanda registrasi disediakan sebagaimana ditentukan dalam tugas
E.3 Trapping value diterapkan pada file sebagaimana ditentukan dalam tugas
E.4 Overprinting diterapkan pada tata letak di file PDF sebagaimana ditentukan dalam tugas
E.5 Spot and CMYK colours digunakan pada tata letak di file PDF sebagaimana ditentukan dalam tugas
E.6 Dieline diterapkan sebagaimana ditentukan dalam tugas

Section F – Penyimpanan dan format file

F.1 Semua file disimpan dalam format yang benar yang ditentukan dalam tugas
F.2 ICC profile diterapkan pada gambar, PDF atau tata letak sebagaimana
F.3 Menyimpan dalam format PDF yang ditentukan sebagaimana diperlukan dalam tugas
F.4 Folder produksi akhir disimpan sesuai kebutuhan dalam tugas

Unduh file Panduan Teknis LKS SMK Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 Daring Bidang Lomba Graphic Design Technology di sini

Modul Bidang Lomba Graphic Design Technology LKS SMK Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020

Berikut ini adalah soal dalam bentuk modul bidang lomba graphic design technology pada LKS SMK Tingkat Nasional XXVIII tahun 2020 yang dilaksanakan secara daring, antara lain:

  1. Modul 1: Proses Desain – Riset (Unduh di sini)
  2. Modul 2: Proses Desain – Moodboard & Logo Matriks (Unduh di sini)
  3. Modul 3: Proses Desain – Alternatif Logo & Desain (Unduh di sini)
  4. Modul 4: Desain Proses – Implementasi (Unduh di sini)
  5. Modul 5: Presentasi

Demikian Soal LKS SMK Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 Bidang Lomba Graphic Design Technology dilengkapi dengan Panduan Teknis LKS SMK Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 Daring dan Panduan Teknis LKS SMK Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 Daring Bidang Lomba Graphic Design Technology. Agar dapat dipergunakan sebagai bahan acuan untuk mengikuti LKS SMK Tingkat Nasional XXIX Tahun 2021. Dan semoga bermanfaat.

Terima kasih,
Bambang Herlandi
Guru SMK Negeri 3 Balikpapan
Pembimbing dan Pendamping Peserta LKS SMK Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020

About Bambang Herlandi 234 Articles
Seorang Blogger yang sehari-hari bekerja dan mengajar sebagai guru desain grafis, juga sebagai IT Freelance dan Web & Graphic Designer serta penghobi Photography.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: