Penerapan Digitalisasi bagi UMKM Lokal

Tanda Alam untuk Digitalisasi

Pandemi Covid-19 telah memaksa kita semua untuk beralih ke digitalisasi

Media Digital

Media digital adalah format konten yang dapat diakses oleh perangkat-perangkat digital.

Media digital ini bisa berupa website, media sosial, gambar dan video digital, audio digital dan lain-lain.

Perkembangan digital telah membawa kita ke sebuah peradaban baru.

Pemanfaatan Media Digital

  1. Pemerintahan
  2. Pendidikan
  3. Perekonomian
  4. Sosial
  5. Seni dan Budaya
  6. Pertahanan dan Keamanan

UMKM Lokal

  • UMKM = Usaha Mikro Kecil Menengah
  • Pelaku UMKM = Pribadi, Rumah Tangga atau Badan Hukum ukuran kecil
  • Lokal = Kota/Kabupaten

UMKM Konvensional vs Digital

  • Berharap pembeli datang vs Memasarkan seluas-luasnya
  • Pasif vs Kreatif

Pemasaran Digital Melalui Web dan Media Sosial

  1. Semua bisa
  2. Murah bahkan ada yang gratis
  3. Pembeli tidak terbatas
  4. Tidak perlu toko/kantor yang besar
  5. Terkendali dalam genggaman

Pemanfaatan Market Place

“Buka peluang dengan kreativitas.”

Presentasi ini saya sampaikan di dalam webinar Bimtek Pemanfaatan Infrastruktur TV Digital 2021. Rabu (25/08/2021) melalui aplikasi zoom meeting.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih
Wassalaam,
Bambang Herlandi
www.bambangherlandi.web.id


Diterbitkan

dalam

, ,

oleh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *