Menjadi Narasumber Pelatihan Office 365 di SMA Negeri 1 Sangatta Utara

Pelatihan Office 365 di SMA Negeri 1 Sangatta Utara
Pelatihan Office 365 di SMA Negeri 1 Sangatta Utara

Alhamdulillah akhirnya dapat berbagi pengalaman lagi tentang pemanfaatan Office 365. Kali ini diundang menjadi narasumber pada Pelatihan Office 365 di SMA Negeri 1 Sangatta Utara, Kalimantan Timur.

Lonjakan kasus pandemi covid-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) dibulan Januari 2021, membuat rencana pembelajaran tatap muka sekolah-sekolah di Kaltim harus kembali ditunda.
Akibatnya sekolah-sekolah kembali menerapkan pembelajaran jarak jauh. Tidak terkecuali dengan SMA Negeri 1 Sangatta Utara yang berada di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Provinsi Kaltim.

Keinginan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para peserta didiknya membuat sekolah ini mencari cara untuk tetap dapat melaksanakan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19 yang entah kapan meredanya.

Diminta Mendeploy Akun Office 365 for Education

Sebagai salah satu sekolah menengah atas yang ada di Kabupaten Kutim, SMA Negeri 1 Sangatta Utara tidak mau ketinggalan dengan sekolah-sekolah lain yang telah memanfaatkan Office 365 untuk pendidikan.
Walaupun sebelumnya telah memanfaatkan aplikasi pertemuan dan kelas virtual lainnya. Pihak sekolah mempunyai keinginan keras untuk dapat memberikan layanan terbaiknya kepada para peserta didik dengan berusaha mencari referensi tentang aplikasi apa yang powerfull tapi tetap gratis bagi dunia pendidikan.

Berawal dari referensi Bapak Eddy Effendi selaku Kepala SMA Negeri 1 Balikpapan, yang telah lebih dahulu memanfaatkan Office 365 dalam pembelajaran. Kepala SMA Negeri 1 Sangatta Utara menghubungi saya untuk berkonsultasi tentang pemanfaatan Office 365 dalam pembelajaran. Hingga akhirnya Bapak Hasbi selaku Kepala SMA Negeri 1 Sangatta Utara memutuskan untuk melakukan deployment akun Office 365 for Education untuk sekolahnya. Dan meminta saya untuk mendeploy akun Office 365 for education untuk SMA Negeri 1 Sangatta Utara.

Proses Deployment yang Singkat

Setelah berdiskusi panjang tentang proses deploy akun Office 365. Kepala SMA Negeri 1 Sangatta Utara mendelegasikan proses pendaftaran akun Office 365 for Education kepada Bapak Ketut Pranata untuk menindaklanjuti proses pendaftaran akun tersebut.

Dengan bermodalkan nama domain sekolah yang sudah ada, proses deployment akun Office 365 for Education SMA Negeri 1 Sangatta Utara bisa dibilang proses yang sangat singkat dari beberapa proses deployment akun Office 365 for Education yang pernah saya tangani.
Kurang dari 24 jam. Akun Office 365 for Education dengan lisensi A1 permanen telah disetujui oleh pihak Microsoft.

Hasil deployement Akun Office 365 for Education SMA Negeri 1 Sangatta Utara.

Selanjutnya, saya daftarkan semua akun Office 365 untuk pengajar dan peserta didiknya. Dan alhamdulillah, proses pembuatan akun tersebut dapat berjalan sesuai dengan waktu yang diharapkan.

Narasumber Pelatihan Office 365

Tidak hanya sampai pada proses deploy dan pembuatan akun saja. Ternyata pihak sekolah juga berkeinginan untuk melakukan pelatihan bagi para guru dan tenaga kependidikan (GTK) yang ada di lingkungan SMA Negeri 1 Sangatta Utara.

Alhamdulillah, saya kembali dipercaya oleh sekolah tesebut untuk menjadi narasumber Pelatihan Office 365 kali ini.
Awalnya kami berencana untuk melaksanakan Pelatihan Office 365 secara langsung alias tatap muka di sekolah. Tapi karena lonjakan kasus covid-19 dan beberapa kota dan kabupaten di Kaltim menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat pihak menejemen SMA Negeri 1 Sangatta Utara memutuskan untuk tetap melaksanakan Pelatihan Office 365 tapi dilakukan secara daring alias online.

Pelatihan Pemanfaatan Office 365 dalam Pembelajaran ini sendiri dilaksanakan pada tanggal 26 – 29 Januari 2021. Dengan jumlah peserta sebanyak 57 orang yang berasal dari guru dan tenaga kependidikan yang ada di SMA Negeri 1 Sangatta Utara.

Dari awal Pelatihan Office 365 inipun langsung menggunakan fitur rapat yang ada di Microsoft Teams. Dan alhamdulillah, semua peserta dapat mengikuti pelatihan menggunakan fitur rapat Microsoft Teams dengan baik tanpa kendala yang sangat berarti.

Materi Pelatihan Office 365

Tim Kelas Pelatihan Office 365 yang dipergunakan sebagai tempat melaksanakan Pelatihan Office 365 di SMA Negeri 1 Sangatta Utara.

Materi yang diberikan dibagi dalam 4 hari, antara lain:

Hari Pertama, 26 Januari 2021

  • Microsoft Educator Community

Hari Kedua, 27 Januari 2021

  • Microsoft Teams

Hari Ketiga, 28 Januari 2021

  • Microsoft Forms
  • OneDrive dan
  • Outlook

Hari Keempat, 29 Januari 2021

  • Microsoft Sway
  • OneNote dan Class Notebook
  • Office online

Pelatihan sendiri awalnya direncanakan berjalan 2 jam. Tapi karena antusias peserta yang tinggi, membuat kegiatan pelatihan molor sampai 3 jam bahkan lebih.

Walaupun Microsoft Teams dan Office 365 ini dianggap aplikasi yang baru bagi semua GTK SMA Negeri 1 Sangatta Utara, tapi kepala sekolah dan dewan guru bersepakat untuk dapat memanfaatkan Office 365 ini untuk proses pembelajaran di sekolah.
Selain dapat menggunakan Microsoft Teams tanpa batasan waktu, Microsoft Teams juga menjadi sebuah LMS yang sangat powerfull apalagi dikombinasikan dengan aplikasi Office 365 lainnya.

Pelatihan Ditutup dengan Testimoni dan Foto Bareng

Seperti layaknya pelatihan yang dilakukan secara langsung, pelatihan ini juga tetap melaksanakan rangkaian acara seperti pembukaan dan penutupan.

Pada sambutannya kepala sekolah berpesan agar dapat memanfaatkan aplikasi Office 365 ini untuk pembelajaran di kelas. “Dengan kegiatan (pelatihan) ini diharapan kepada Bapak/Ibu terus mempertajam kemampuannya dalam menggunakan aplikasi Office 365 ini”, begitu kata beliau.

Selain itu juga ada perwakilan peserta Pelatihan Office 365 yang memberikan testimoni dan diwakili oleh Ibu Mardawati MZ yang merupakan salah satu guru di SMA Negeri 1 Sangatta Utara. “Menurut kami aplikasi ini sangat keren, Bagi saya aplikasi ini all in one. Satu aplikasi kita dapat gunakan berbagai macam bonus yang di dalamnya (Office 365). Semoga pelatihan atau workshop ini bermanfaat bagi kita semua dan saya yakin sangat bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di SMA Negeri 1 Sangatta Utara.”

Ibu Mardawati MZ memberikan testimoni tentang pelatihan dan aplikasi Office 365.

Seperti biasa, diakhir sesi pelatihan selalu ada acara foto bareng antara penyelenggara, narasumber dan peserta pelatihan. Tapi kali ini foto barengnya cukup menggunakan metode screenshot.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala SMA Negeri 1 Sangatta Utara yang telah mengundang saya menjadi narasumber pada Pelatihan Office 365 tersebut. Terima kasih juga saya sampaikan kepada para Bapak dan Ibu Guru Hebat peserta Pelatihan Office 365 yang telah mengikuti pelatihan ini dengan sangat bersemangat.
Mohon maaf apabila dalan menyampaikan materi ada hal-hal yang kurang berkenan, seperti penyampaian yang kadang dianggap terlalu cepat atau jawaban atas pettanyaan yang belum bisa terpuaskan.
Saya juga berterima kasih sekali atas segala kritik dan saran serta masukan yang disampaikan kepada saya, semoga bisa membuat saya lebih baik lagi.

Semoga materi yang telah saya sampaikan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Sangatta Utara. Dan menjadi berkah buat kita semua.

Wassalaam,
Bambang Herlandi
Microsoft Innovative Educator Trainer

About Bambang Herlandi 234 Articles
Seorang Blogger yang sehari-hari bekerja dan mengajar sebagai guru desain grafis, juga sebagai IT Freelance dan Web & Graphic Designer serta penghobi Photography.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: