Kekurangan dan Kelebihan OPPO Reno 10x Zoom Setelah 2 Tahun Lebih Pemakaian

Unboxing OPPO Reno 10x Zoom
Unboxing OPPO Reno 10x Zoom

Dihari spesial “Hari Bloger Nasional 2021” ini saya ingin bercerita tentang salah satu hasil dari ngeblog selama 14 tahun. Setelah 2 tahun lebih menjajal OPPO Reno 10x Zoom hadiah dari hasil lomba blog OPPO Reno 10x Zoom, 10x Wonderful Journey dari OPPO Indonesia akhirnya saya harus menceritakan tentang kelebihan dan kekurangan yang betul-betul saya temukan di smartphone high level ini.

Ya,.. OPPO Reno 10x Zoom ini adalah hadiah dari lomba blog yang saya ikuti di tahun 2019. salah satu pencapaian yang sangat menyenangkan selama menjadi bloger sejak 2007. bagaimana tidak menyenangkan, OPPO Reno 10x Zoom saat pertama kali diluncurkan harganya Rp12.999.000. Sebuah nilai rupiah yang tidak pernah kepikiran untuk membeli henpon seharga itu dengan duit pribadi. Tapi alhamdulillah, rencana Alloh memang selalu indah. Dan selama 2 tahun, henpon ini sudah menjadi andalan keseharian saya.

2 Tahun Tidak Pernah Bawa Kamera Lagi

2 Tahun lebih yang benar-benar saya rasakan setelah menggunakan henpon ini adalah, saya hampir tidak pernah lagi membawa kamera dalam kegiatan fotografi. Kalau hanya untuk kebutuhan dokumentasi pribadi bahkan kantor dan media sosial, tidak perlu lagi membawa peralatan kamera yang berat, henpon ini sudah sangat bisa diandalkan sebagai alatnya seorang fotografer.

Dari hanya untuk memotret sampai membuat konten video, bahkan mengedit foto dan video hasil jepretan kameranya, semuanya sudah bisa dilakukan dalam satu gawai yang “mahal” ini.

Berikut ini contoh foto produk berupa food fotografi yang dipotret menggunakan henpon OPPO Reno 10x Zoom

Kualitas Kameranya Setara Kamera Entry Level

Satu hal yang menjadi perhatian saya terhadap henpon OPPO Reno 10x Zoom ini adalah kehebatan kameranya. Seperti yang mungkin sudah kita liat iklan OPPO Reno 10x Zoom ini selalu menonjolkan sisi kamera yang bisa di zoom sampai 10 kali dengan kualitas kamera yang sudah sangat baik.

Mengusung kamera berprocessor Qualcomm Snapdragon 855 Octa-core, OPPO Reno 10x Zoom memang menjadi pilihan terbaik bagi para pencinta fotografi tapi yang tidak mau diribetkan oleh bawaan yang berat kamera dan perlengkapannya.

Bayangkan, biasa seorang fotografer pemula saja, bisa terbebani dengan 1 unit body kamera dan 1-2 unit lensa yang kalau dihitung bisa mencapai 2-3 Kg. Itu belum termasuk tas, tripod dan perlengkapan lainnya. Dengan OPPO Reno x10 Zoom ini, bebas tersebut bisa kita pangkas biar beban hiduppun terasa lebih ringan. Ya ga?!?

Untuk kualitas hasilnya, kamera dari OPPO Reno 10x Zoom ini sangat bisa diandalkan. Apalagi klo cuma mau eksis di medsos dengan memajang foto-foto dengan kualitas bagus, OPPO Reno x10 Zoom ini sudah tidak diragukan lagi.

Kalau mau dibandingin dengan hasil dari kamera entry level baik berupa kamera DSLR maupun kamera prosumer, OPPO Reno x10 Zoom inipun masih bisa bersaing secara apple to apple.

Kualitas foto yang sudah bisa 48 MP dan video yang sudah bisa menggunaakan format 4K dengan 60 fps, membuat pemegang kamera entry level cemburu berat dengan henpon ini.

Jika dibandingkan dengan kamera entry level, cuma 1 sih kekurangan dari henpon OPPO Reno 10x Zoom ini. Aperturenya masih belum bisa disetting manual. Tapi bukan henpon ini aja yang punya kekurangan tersebut. Yang saya ketahui, semua henpon memang Belum bisa melakukan setting manual untuk bukaan lensanya.

Berikut ini beberapa jepretan yang dihasilkan dari smartphone OPPO Reno 10x Zoom

Jepretan lainnya bisa dilihat di Instagram saya berikut https://www.instagram.com/bambangherlandi/

Sedangkan hasil video dan editannya bisa dilihat di sini

OPPO Reno 10x Zoom Jadi Gawai Andalan Selama WFH

Selama Pandemi Covid-19, Henpon OPPO Reno 10x Zoom ini juga jadi gawai andalan selama Work From Home (WFH). Bagaimana tidak jadi andalan, Semua aplikasi office dan daring bisa diinstal tanpa kendala di henpon ini. Dari aplikasi berbasis Microsoft 365 hingga Google Workspace, semuanya aman terkendali di henpon ini.

Mau meeting secara virtual juga bisa, kualitas kameranya tidak akan membuat teman satu framemu mencela wajahmu walaupun kamu belum mandi sekalipun. Semua aplikasi virtual meeting terinstal di henpon ini. Dari Microsoft Teams, Google Meet, Webex sampai aplikasi virtual meeting sejuta umat Zoom, ada di henpon ini. Dan saya sangat percaya diri saat menggunakannya.

Aplikasi Zoom dan Webex untuk virtual meeting selain aplikasi Teams dan Google Meet juga terinstal di henpon ini sebagai penunjang WFH selama Pandemi Covid-19

Bahkan saat ini henpon OPPO Reno 10x Zoom ini saya gunakan sebagai pengganti webcam. Saya memanfaatkan aplikasi Droidcam untuk membuat kamera dari henpon ini menjadi sebuah webcam dengan kualitas kamera yang sudah tidak diragukan.

Kalau untuk urusan aplikasi messenger dan ngeblog menggunakan WordPress Mobile, juga aman terkendali di henpon ini.

Performa OPPO Reno 10x Zoom

Kita bahas dulu kelebihan OPPO Reno x10 Zoom yang memiliki spek dewa ini. Dengan menggunakan processor Snapdragon 855 dan dengan didukung oleh RAM 8 GB dengan kapasitas penyimpanan internat sebesar 256 GB membuat smartphone ini ga perlu diragukan lagi dalam performanya.

Spek gahar OPPO Reno 10x Zoom yang hingga saat ini masih menjadi flagshipnya OPPO

Mulai dari install aplikasi, sampai pemanfaatan aplikasinya saya Belum menemukan kekurangan dalam menggunakannya.

Sengaja saya tidak menggunakan dan menampilkan hasil benchmark, tapi langsung pengen merasakan performanya langsung dalam bentuk pemanfaatan aplikasi yang diinstalkan ke dalam smartphone ini. Hasilnya memang gada ngeleknya nih henpon.

Henpon ini pertama kali saya penuhi dengan aplikasi office yang saya butuhkan untuk bekerja sambil mobile.

Berikutnya mencoba memasang aplikasi games. Mau pakai aplikasi games ringan sampai aplikasi games berat seperti need for spreed no limit dan asphalt 9, keduanya gada kendala.

Begitu pula saat memanfaatkan aplikasi photo dan video editing. Ngedit photo jadi lebih nyaman. Ngedit videopun ga pake loading lama alias no lola.

Sampai disitu, henpon ini sudah saya anggap bisa diandalkan baik buat bekerja maupun hiburan.

Baterai yang Cuma Tahan 8 Jam

Untuk urusan baterai, hingga saat ini setalah pemakaian 2 tahun lebih. baterainya masih dibilang normal dan masih bisa bertahan hinggal 8 jam. kecuali henpon ini digunakan untuk pekerjaan yang berat, baterainya akan sangat cepat terkuras. Kalau hal ini saya rasa wajar aja lah ya.

Kekurangan OPPO Reno 10x Zoom

Hingga detik ini, saya belum pernah mendapatkan kekurangan yang bisa betul-betul kekurangan dari sebuah maha karya OPPO yang saat ini telah melahirkan Reno-reno lainnya.

Pokonya mantap lah. Sesuai saja dengan harganya yang segitu.

Sebenarnya ingin menulis panjang, cuma sayang aja. Tulisannya bisa digunakan untuk postingan berikutnya.

Mohon maaf kalau isi blognya cuma seiprit dan tidak rutin, karena memang blog ini hanya untuk hobi kalau lagi ada waktu luang saja.

Terima kasih sudah mampir di blog saya, Selamat Hari Bloger Nasional 27 Oktober 2021. Semoga tulisan-tulisan di blog saya dapat bermanfaat buat semua yang membacanya.

Salam Bloger Indonesia,
Tertanda
Bambang Herlandi
Bloger Balikpapan

About Bambang Herlandi 234 Articles
Seorang Blogger yang sehari-hari bekerja dan mengajar sebagai guru desain grafis, juga sebagai IT Freelance dan Web & Graphic Designer serta penghobi Photography.

2 Comments on Kekurangan dan Kelebihan OPPO Reno 10x Zoom Setelah 2 Tahun Lebih Pemakaian

  1. Wah pencapaian yang keren sekali Pak Bambang. Jadi penyemangat buat kami yang masih newbie di Dunia blogger ini. Pantes selama ini hasil fotonya keren sekali… Handphone Sultan nih

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: