ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400, Laptop Ringkas dan Bertenaga yang Cocok untuk Guru dan Siswa Desain Grafis

ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400, Laptop Ringkas dan Bertenaga yang Cocok untuk Guru dan Siswa Desain Grafis

Tahun ajaran baru dengan mode PTM (Pertemuan Tatap Muka) sudah dimulai, saatnya kembali ke sekolah dengan membawa laptop ringkas dan bertenaga yang cocok untuk guru dan juga siswa di kelas Desain Grafis. Laptop itu adalah ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400.

Dua tahun sudah bersama kita lalui dengan mode sekolah daring alias School From Home, mungkin sudah membuat siswa dan guru merasa jenuh. Interaksi secara langsung yang kita temui selama bersekolah dulu, hampir tidak ada di sekolah daring. Semua yang kita temui hanya melalui perangkat digital dan terbatas. Tapi sisi baiknya, Pandemi Covid-19 sudah membuat kita semua melek digital. Bahkan dulu hampir jarang sekolah mengadakan pertemuan daring menggunakan aplikasi meeting online. Tapi sekarang, siapa yang tidak mengenal aplikasi kelas daring, cloud storage dan meeting online. Bahkan anak TK dan PAUD-pun sudah tahu dan bisa menggunakannya dengan baik.

Tentunya dengan dampak positif tersebut, kita tidak mau sistem pendidikan kita kembali ke “zaman batu”, yang mewajibkan anaknya untuk belajar dari satu sumber literasi saja. Kita ingin Pendidikan sekarang adalah Pendidikan dengan Keterampilan Digital Abad 21. Semua bisa tetap bersekolah menggunakan perangkat digital untuk mendapatkan banyak sumber literasi digital tapi yang tidak membebani “punggung” siswanya. Maka ASUS mengakomodir dan menghadirkan sebuah laptop ringkas dan bertenaga dengan nama ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400

Spesifikasi Teknis ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400

ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan video editing. Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal. Dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming yang tanpa lag. Produktivitas harian dimanapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.

Sebuah laptop yang sangat memanjakan penggunanya dengan teknologi dan fitur terbaru. Membuat siapapun yang melihatnya tertarik untuk memilikinya.

Berikut ini spesifikasi teknis ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 yang akan kita bahas keunggulannya:

Main Spec.Vivobook Pro 14 OLED (M3400)
CPUAMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.4 GHz max boost)
AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor (6-core/12-thread, 19MB cache, up to 4.2 GHz max boost)
Operating SystemWindows 11 Home
Memory16GB DDR4
8GB DDR4
Storage512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 600nits,DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black
GraphicsAMD Radeon™ Graphics
Input/Output1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
ConnectivityWi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5
Camera720p HD camera with privacy shutter
AudioSmart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified audio
Battery50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension 31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm
Weight1.4 Kg
ColorsSolar Silver, Cosmos Blue
PriceRp11.299.000 (Ryzen 5 / 8GB RAM / 512GB SSD)
Rp11.799.000 (Ryzen 5 / 16GB RAM / 512GB SSD)
Rp12.799.000 (Ryzen 7 / 16GB RAM / 512GB SSD)
Warranty2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty
Sumber: http://id.asus.com

Keunggulan ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400

Dari spesifikasi teknis tersebut, tentunya kita bertanya-tanya, apa saja sih keunggulan dari laptop yang dijuluki “The World’s Most Powerful 14” Everyday OLED Laptop” ini. Berikut adalah 3 keunggulan yang dimiliki ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400, antara lain:

Memiliki Prosesor Sekelas Laptop Gaming

ASUS Vivobook Pro 14 OLED Memiliki Prosesor Sekelas Laptop Gaming

Laptop ini menggunakan processor generasi terbaru dari AMD dengan seri AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors. Prosesor ini memang biasanya terpasang di laptop-laptop gaming karena performanya yang dapat menjalankan berbagai game berat tanpa kendala. Prosesor ini juga mampu menjalankan multi-tasking yang dapat meningkatkan produktivitas. 

ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 dengan varian tertinggi ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor. Prosesor tersebut memiliki 8-core dan 16- thread dan mampu berjalan di frekuensi hingga 4.4 GHz. Dan juga dibekali dengan memori berkapasitas hingga 16GB serta penyimpanan yang menggunakan 512GB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD. Bisa dipastikan kecepatan baca tulisnya sudah tidak terseok-seok lagi.

Jadi dengan laptop ini, kegiatan desain grafis yang menggunakan aplikasi beras untuk games dan konten kreator, pastinya sudah tidak bermasalah lagi.

Menggunakan Layar OLED dengan 100% DCI-P3

ASUS Vivobook Pro 14 OLED Menggunakan Layar OLED dengan 100% DCI-P3

ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 juga dibekali layar OLED. Dengan layar OLED ini. Dengan color gamut yang mencapai 100% pada color space DCI-P3. Tingkat akurasi warna yang dihasilkan juga sangat tinggi dan tampak seperti warna aslinya serta sudah berstandar industri melalui sertifikasi PANTONE Validated Display.

Dilengkapi dengan kartu grafis AMD Radeon Graphic, dengan ukuran layar 14 inchi dan resolusi 2880px x 1800px dan aspek rasionya 16:10 yang membuat bidang kerjanya lebih luas. Serta refresh rate 90Hz.

Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan teknologi low blue-light dan anti flicker, yang membuat penggunanya merasa nyaman karena luasnya bidang kerja dan tentunya melindungi mata dari radiasi cahaya biru yang bisa membuat mata mudah lelah.

Laptop Ringkas dan Ringan

ASUS Vivobook Pro 14 OLED Laptop Ringkas dan Ringan

Dengan berat yang hanya 1.4Kg membuat laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 ini menjadi salah satu laptop yang tergolong ringan dan ringkas. Apalagi ketebalan bodinya hanya 18.9mm alias kurang dari 2 centimeter.

Selain itu ukuran bezel layarnya juga terbilang tipis dengan tingkat Screen to Body rasio sebesar 84%.

Sehingga membuat laptop ini sangat nyaman untuk menemani aktivitas belajar dan keseharian lainnya yang membutuhkan mobilitas tinggi yang dinamis.

Konektivitas yang Lengkap

Walaupun dibilang laptop ini sangat ringkas, tapi untuk urusan konektivitas, laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 ini terbilang lengkap. Konektor yang tersedia, antara lain: 2 port USB 2.0, 1 port USB 3.2 type A, 1 port MicroSD card reader yang sangat dibutuhkan membaca MicroSD yang berasal dari kamera. Dan pastinya juga tersedia 1 port HDMI agar kita tetap bisa menghubungkan laptop ini ke perangkat LCD proyektor terbaru dengan mudah.

Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan WiFi 6 yang memiliki 3 kali lebih cepat dari WiFi 5 dan 75% latency yang lebih rendah. Sehingga sangat cocok untuk guru dan siswa desain grafis yang selalu mentransfer data dengan menggunakan file-file dengan kapasitas besar. Belajar akan terasa nyaman seperti saat bermain games 3D di laptop ini.

Memanjakan Telinga Penggunanya dengan Sound by Harman Kardon

ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 Memanjakan Telinga Penggunanya dengan Sound by Harman Kardon
ASUS Vivobook Pro 14 OLED Memanjakan Telinga Penggunanya dengan Sound by Harman Kardon. (Foto: https://channel.asus.com/)

Sound by Harman Kardon, sebuah cara memanjakan telinga dengan memanfaatkan fitur sound system yang sangat berkualitas. Anak-anak desain grafis sangat senang sekali mempunyai laptop dengan kualitas suara dengan grade terbaik.

Jadi kalau dapat tugas membuat video, animasi atau sound efek, laptop ini sudah bisa jadi andalan. Teman-temanmu pasti akan julid melihat laptopmu yang ringkas tapi tetap bisa maksimal menyelesaikan tugas-tugas dari guru.

Privasi Terjamin dengan Webcam Shield dan Fingerprint

ASUS Vivobook Pro 14 OLED webcam shield

Buat pengguna laptop yang menjunjung tinggi kata “Privasi”, laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 ini memiliki yang kamu inginkan. Laptop ini menyediakan fitur Webcam Shield yang berfungsi menutup lensa webcam secara manual. dan walaupun kamera kita berstatus on. Tapi dengan webcam shield ini, webcam hanya bisa berfungsi apabila penutupnya dibuka. sehingga privasi kita saat menggunakan webcam lebih terjamin.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED fingerprint

Selain itu laptop ini juga telah menyediakan fingerprint yang letaknya jadi satu dengan tombol power. fitur ini diberi nama “One touch login with power button”. Jadi, cukup sekali sentuh, kita sudah bisa menyalakan laptop sekaligus login dengan menggunakan sidik jari. Sebuah kepraktisan yang mungkin masih jarang ada di laptop-laptop lainnya.

Aman dan Nyaman Tanpa OS dan Office Bajakan

Terkadang kita sering kali menemukan sebuah laptop menggunakan sistem operasi atau operating sistem (OS) Windows dan aplikasi Officenya yang tidak resmi alias bajakan. Hal ini akan membawa resiko terbukanya celah keamanan yang diakibatkan oleh sistem operasi dan aplikasi yang dipergunakan tidak resmi dan berpotensi disusupi oleh kode-kode yang membahayakan bagi penggunanya.

Tapi dengan menggunakan ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 ini, kita tidak perlu “membajak” OS maupun aplikasi Office. Karena laptop ini telah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 11 Home dan aplikasi Office Home Student 2021 yang berlisensi resmi tanpa biaya tambahan.

Terlihat Elegan dan Mewah dengan Backlit Keyboard

Backlit keyboard ASUS Vivobook Pro 14 OLED
Backlit keyboard ASUS Vivobook Pro 14 OLED

Pengguna komputer yang berasal dari anak sekolah, biasanya sangat senang dengan tampilan keyboard yang ada lampunya. Keyboard dengan backlit sudah menjadi prasyarat saat ingin memilih laptop yang terlihat elegan dan mewah.

Laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED juga dilengkapi dengan lampu latar alias backlit keyboard yang membuat laptop ini tetap dapat digunakan walaupun di lingkungan yang bercahaya redup. Selain itu, keyboardnya terasa ergonimis, kokoh, konstruksi one-piece dan key travel 1,35mm memberikan pengalaman mengetik yang sangat nyaman. Dan pastinya terlihat elegan dan mewah.

Nilai kegantengan dan kecantikan pemiliknya pasti akan bertambah jika backlit keyboard dinyalakan. Semua mata teman satu kelas akan tertuju kepada pemilik ASUS Vivobook Pro 14 OLED ini.

Kapasitas Baterai Besar dan Tahan Lama

Dengan kapasitas baterai sebesar 50Wh Lithium-ion 3-cell, membuat laptop ini mampu bertahan hingga 8 jam 16 menit kalo diuji pakai PCMark 10 mode Modern Office alias mode bekerja menggunakan aplikasi office, multimedia dan web secara non-stop. Waktu yang cukup untuk pembelajaran di kelas seharian.

Jadi, apabila siswa atau guru yang menggunakan laptop ini, tidak perlu khawatir yang berlebihan karena kapasitas baterainya sudah cukup digunakan walaupun lupa membawa charger. Asalkan baterai laptopnya telah diisi penuh sebelum berangkat ke sekolah.

Cocok untuk Siswa dan Guru di Kelas Desain Grafis

Seperti biasa, diawal tahun ajaran baru, orang tua siswa terkadang bertanya tentang laptop dengan spesifikasi teknis yang seperti apa yang direkomendasikan dan cocok untuk anaknya yang baru masuk sekolah dengan jurusan desain grafis. Orang tua ingin membelikan laptop anaknya dengan spesifikasi yang sesuai untuk belajar desain grafis, tapi yang tidak terlalu mahal, dan juga tidak sebesar dan seberat laptop-laptop gaming itu.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 ini akan saya rekomendasikan kepada orang tua yang bertanya dan ingin membelikan laptop untuk anaknya dan pastinya bisa bertahan lama. Dan pastinya, anaknyapun senang mendapatkan laptop yang bisa digunakan untuk belajar tanpa hambatan sekaligus bermain games tanpa leg.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED Cocok untuk Siswa dan Guru di Kelas Desain Grafis
ASUS Vivobook Pro 14 OLED Cocok untuk Siswa dan Guru di Kelas Desain Grafis. (Foto: https://channel.asus.com/)

Jadi menurut saya, laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 ini sangat cocok sekali diperuntukan bagi siswa dan juga guru desain grafis yang selalu ingin menggunakan laptop cepat, dengan akurasi warna yang sangat diperlukan di bidang desain grafis, tapi tidak mau membawa laptop yang berat-berat seperti kebanyakan laptop gaming yang tebal dan berat bahkan chargernya-pun sebesar “batu bata”. Pastinya laptop ini akan menjadi “senjata andalan” dalam beraktivitas baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Ingin Membuktikan Kehebatan Mengajar Desain Grafis Menggunakan ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400

Selama ini, keseharian saya sebagai guru yang kebetulan mengampu mata pelajaran desain grafis di SMK Multimedia, membuat saya ingin sekali membuktikan kehebatan laptop ringkas dan bertenaga ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 ini di dalam kelas.

Biasanya saya harus membawa laptop dengan bobot hampir 3Kg, belum lagi ditambah pernak-pernik dan perlengkapan. Yang apabila ditimbang, berat tas beserta isinya mencapai 5Kg bahkan bisa lebih. Dan tas yang berat tersebut harus saya bawa dari kelas ke kelas untuk mengajar mata pelajaran desain grafis di beberapa kelas setiap harinya.

Setelah mereview ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 ini, saya merasa ini adalah sebuah perangkat yang bisa membantu saya sebagai guru dan juga para siswa di kelas saya yang selalu membawa laptop berat ke sekolah setiap harinya.

Dan tentunya pengalaman menggunakan ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 sebagai laptop ringkas dan bertenaga yang cocok untuk guru dan siswa desain grafis akan menarik diulas pada tulisan berikutnya.

Wassalaam,
Bambang Herlandi
Guru SMKN 2 Balikpapan | Blogger Balikpapan

About Bambang Herlandi 247 Articles
Seorang Blogger yang sehari-hari bekerja dan mengajar sebagai guru desain grafis, juga sebagai IT Freelance dan Web & Graphic Designer serta penghobi Photography.

11 Comments on ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400, Laptop Ringkas dan Bertenaga yang Cocok untuk Guru dan Siswa Desain Grafis

  1. nyaman bngt nih kalo ngedesain dari layar OLED, ram tinggi, apalagi chipsetnya AMD ryzen yg saya pribadi ngalamin AMD enk bngt buar render dan desain grafis, dan ga lupa SSD utk mempercepat kinerja nya juga yg saya alamin

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: