Sunset di Hutan Bakau

Setelah sehari sebelumnya sibuk melaksanakan kegiatan Sharing Keliling 2011 di kota Balikpapan. Hari minggunya (14/08/2011) Tim Sharing Keliling 2011 dengan ditemani oleh beberapa rekan dari Panitia lokal diantara Mas Alfa dan Mas Imam serta Mas Heru dan rekannya (lupa deh namanya siapa) berkeliling kota Balikpapan.

Rute yang ditempuh, setelah check out dari Hotel Novotel Balikpapan tempat Tim Sharing Keliling menginap langsung menuju ke jalan A. Yani, tepatnya diseputaran Nusantara untuk membeli oleh-oleh makanan kas Balikpapan/ Kaltim. Setelah itu dilanjutkan dengan mengitari kawasan Gunung Dubbs untuk melihat pemandangan kota Balikpapan dari atas bukit. Selanjutnya berburu pernak-pernik kas Balikpapan/ Kaltim di kawasan Pasar Inpres Kebun Sayur.

Saya sendiri hanya memantau melalui twitter, karena masih ada keperluan yang tidak bisa ditinggalkan.

Masih kurang puas, mereka jalan-jalan ke kawasan Konservasi Hutan Mangrove yang ada di belakang SMA Negeri 8 Balikpapan kelurahan Margo Mulyo. Ternyata dari sini, belum juga terpuaskan. Akhirnya setelah menjemput saya dirumah, kami langsung menuju ke kawasan Hutan Bakau yang juga merupakan kawasan konservasi hutan mangrove yang ada di belakang Komp. Perumahan Graha Indah Kariangau Km 5,5 Balikpapan.

Walaupun hari sudah mendekati senja dan waktu berbuka, namun rasa penasaran membuat kami tetap menjelajahi kawasan hutan bakau menggunakan perahu yang dinahkodai oleh Bapak Herman.

Menyusuri hutan bakau dengan menggunakan perahu kayu dengan menggunakan motor tempel terasa mengasyikan. Dari tim yang ikutan, tidak ada satupun yang tidak memanfaatkan momen ini. Semuanya mengeluarkan kamera, dari kamera handphone sampe kamera DSLR.

Disinilah tim melihat pemandangan alam ciptaan Allah SWT yang indah. Tim memang mendapatkan waktu yang pas dengan sunset. Wah, perahupun hampir oleng karena semua yang ada di perahu sibuk mengabadikan moment sunset di hutan bakau.

Hanya ada satu yang terucap Subhanallah…. keren banget, mungkin jarang-jarang momen bareng Tim Sharing Keliling dan Panitia lokal mendapatkan seperti ini.

Setelah mengitari hutan bakau, tim kembali ke dermaga. Dan memang kami berbuka puasa di laut (baca rawa) seperti kata Mas Heru sesaat sebelum naik ke atas perahu.

Setelah berbuka puasa sesaat dengan es kelapa yang Mas Alfa sudah siapkan sebelum berangkat menuju hutan bakau ini, kami melaksanakan sholat magrib di musholla yang berada tidak jauh dari dermaga hutan mangrove tersebut.

Setelah sholat, kami langsung tancap gas menuju Bandara Sepinggan untuk mengantarkan Tim Sharing Keliling untuk kembali ke Jakarta karena penerbangan kembali dijadwalkan sekitar jam 21 wita.

Selamat jalan kembali ke kampung halaman rekan-rekan dari Sharing Keliling 2011. Sampai bertemu lagi dilain kesempatan. Khusus buat Mbak Anggi, lain kali kalo datang ke Balikpapan, langsung saya ajak deh cari kepiting. Hehehe…. biar nggak kepuhunan katanya orang Kalimantan.

Wassalaam,
Bambang Herlandi

Foto album cek disini:

http://www.facebook.com/media/set/?set=a.2396389868095.2142967.1201418413&type=1
atau
https://picasaweb.google.com/bambangherlandi/SharingKeliling2011KotaBalikpapan

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site is using OpenAvatar based on