Kompasiana Nangkring Special di Balikpapan

peserta kompasiana nangkring special di balikpapan

Sabtu (26/10/2014) pagi ini bertepatan dengan libur tahun baru Islam 1 Muharrom 1436 Hijriyah, Saya dan beberapa member blogger balikpapan nangkring bareng kompasiana. Bank Indonesia wilayah balikpapan bekerja sama dengan Kompasiana mengadakan even yang bertajuk Kompasiana Nangkring special membahas Stabilitas Sistem Keuangan. Dan Balikpapan adalah kota kedua gelaran acaranya Kompasiana dan Bank Indonesia (BI) ini. Apa sih SSK itu? Baca aja sendiri ya…

peserta kompasiana nangkring special di balikpapan
peserta kompasiana nangkring special di balikpapan

Saya pikir yang hadir di even nangkring bareng kompasiana ini hanya rekan-rekan blogger. Eh… ternyata lebih dari yang saya kira. Ada mahasiswa, penggiat usaha, bahkan ada juga pengusaha onlinenya loh. info dari panitia, peserta kompasiana nangkring special di Balikpapan ini lebih dari 200 orang. Ok lah ga masalah. Yang penting ikut hadir aja. Lagi pula saya juga hadir terlambat karena harus mendampingi anak saya yang di TK untuk mengikuti pawai muharrom 1436 hijriyah yang kebetulan tempatnya berdekatan dengan acara kompasiana nangkring special bareng BI dan Blogger.

nara sumber kompasiana nangkring special di balikpapan
nara sumber kompasiana nangkring special di balikpapan

Ada banyak nara sumber yang ikut di even Kompasiana nangkring special ini. Pada kesempatan pertama, Mas Dani dari Departemen Kebijakan Makro Frudensial Bank Indonesia yang membahas tentang resiko keuangan dan Stabilitas Sistem Keuangan.

mas dani nara sumber kompasiana nangkring special di balikpapan
mas dani nara sumber kompasiana nangkring special di balikpapan
mas adrianus nara sumber kompasiana nangkring special di balikpapan
mas adrianus nara sumber kompasiana nangkring special di balikpapan

Dikesempatan kedua ada mas Adrianus dari Departemen Surpier Keuangan Bank Indonesia yang mempresentasikan “Pengawasan makroprudensial untuk mencegah dan memitigasi terjadinya resiko sistemik” (bahasanya pake bahasa pemrograman tingkat tinggi uei).

Nangkring bareng kompasiana seperti ini sangat baik biar masyarakat awam seperti saya bisa tahu apa peran Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia untuk menjaga stabilitas sistem keuangan. Dan akhirnya sebagai warga negara yang baik, kita juga bisa bantu menjaga stabilitas sistem keuangan negara kita.

“Bank Indonesia (BI) bank-bank konvensional menekan perkembangab kreditnya supaya bisa menjaga stabilitas keuangan terutama penurunan nilai tukar mata uang.” Ujar mas Adrianus.

Stabilitas sistem keuangan bank indonesia
Stabilitas sistem keuangan bank indonesia

Pengaturan dan pengawasan makroprudensial bertujuan mencegah dan mengurangi resiko sistemik, mendorong fungsi intermediasi yang seimbang dan berkualitas, serta meningkatkan efisiensi sistem keuangan dan akses keuangan.

Mungkin intinya dan simplenya “jangan besar pasak dari pada tiang” dan kita harus bisa mengendalikan nafsu untuk membatasi hutang. Apalagi hutang valas yang bisa mempengaruhi stabilitas nilai tukar mata uang rupiah kita.

Bank Indonesia Balikpapan

gedung bank indonesia wilayah balikpapan tempat acara kompasiana nangkring special di balikpapan
gedung bank indonesia wilayah balikpapan yang jadi tempat acara kompasiana nangkring special di balikpapan

Acara yang rencananya berlangsung dari jam 10.00 – 16.30 wita ini berlangsung di gedung Bank Indonesia wilayah Balikpapan. Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan. Tapi sayang sekali saya sendiri ga bisa mengikuti acara ini sampai selesai, dikarenakan harus memenuhi janji dengan anak saya.

Kompasiana Nangkring Special di Balikpapan

wpid-1412222333842147881.pngSukses buat Kompasiana dan Bank Indonesia atas even Kompasiana Nangkring Special di Balikpapan.

Wassalaam,
Bambang Herlandi
Member of Kompasiana

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site is using OpenAvatar based on