JNE YES Yakin Esok Sampai???

JNE Yakin Esok Sampai???
JNE Yakin Esok Sampai???

Ini adalah pengalaman kesekian kalinya saya menggunakan paket layanan ekspedisi JNE YES Yakin Esok Sampai yang sangat mengecewakan.

Bukan kali ini saja saya kecewa dengan paket layanan ekspedisi JNE YES, tapi seingat saya sudah keempat kalinya saya kecewa dengan layanan yang katanya “Yakin Esok Sampai”.

JNE Yakin Esok Sampai???
JNE Yakin Esok Sampai???

Yakin Esok Sampai
JNE mengantisipasi kebutuhan dengan target pengantaran di tujuan pada keesokan harinya dengan menawarkan layanan premium pengantaran dalam waktu satu hari yang disebut Yakin Esok Sampai atau YES. Dan sebagai bentuk tanggung jawab atas kualitas layanan ini, JNE memberikan jaminan uang kembali (biaya kirim) apabila kiriman tidak terantar pada keesokan harinya.
sumber: www.jne.co.id

Kali ini bermula disaat saya belanja online yang menggunakan layanan ekspedisi JNE. saat itu saya berbelanja di hari Jumat dan karena saya berpikir apabila saya menggunakan layanan paket ekspedisi reguler, maka kemungkinan barang yang saya pesan akan saya terima di hari Rabu, dikarenakan ada dua hari libur yang juga berkaitan dengan layanan ekspedisi tersebut, yaitu hari Ahad (31/05/2015) dan Selesa (2/06/2015).

Berhubung, barang yang saya pesan akan saya gunakan pada hari Rabu pagi, maka saya berpikir untuk memanfaatkan paket layanan service sehari sampai dari ekspedisi tersebut. Jatuhlah pilihan pada paket layanan ekspedisi JNE Yakin Esok Sampai.

Ternyata pengalaman buruk di waktu lalu terulang kembali. Saya sudah mencoba tracking oaket saya melalui situs yang mereka sediakan.
Pertama, saya melihat bahwa paket saya telah masuk manifest di Jakarta pada tanggal 29/05/2015 jam 22:29 wib.
Kedua, saya melihat kembali bahwa paket saya sudah masuk Balikpapan pada tanggal 30/05/2015 jam 14:30 wita. Dari sini sebenarnya saya sudah merasa lega, bahwa barang yang saya pesan telah tiba di Balikpapan.
Ketiga, Namun hingga jam 1 malam 31/05/2015 saya belum menerima paket barang saya.
Keempat, Setelah saya mengecek kembali di pagi harinya, saya mendapatkankan informasi POD detail pada tanggal 30/05/2015 jam 00:00 status barang saya KEMALAMAN.

JNE Yakin Esok Sampai???
JNE Yakin Esok Sampai???
JNE Yakin Esok Sampai???
JNE Yakin Esok Sampai???
Tracking paket kiriman JNE YES
Tracking paket kiriman JNE YES

Dengan rasa kecewa, saya coba untuk menelpon kantor JNE Balikpapan yang ada di daerah Jalan Sudirman (Stal Kuda) Balikpapan untuk mengetahui kabar paket barang saya. Tapi ternyata tidak diangkat. Sore harinya saya kembali menelpon kantor JNE Balikpapan tersebut dan hasilnya sama aja. Telpon hanya diangkat oleh “operator wanita” yang menyatakan bahwa “telpon yang anda tuju tidak menjawab”. Hmmm… mungkin mereka lelah…

Dari kejadian tadi saya berpikir sedikit negatif terhadap layanan ekspedisi JNE ini, Sepertinya JNE tidak profesional dalam pelayanannya, alasannya Pertama, kenapa mereka tidak menelpon nomor telpon yang pastinya tertera di paket barang saya kalau memang mereka kemalaman saat sampai depan rumah saya. Yang kedua, kenapa sampai kemalaman? apakah jarak keliling Balikpapan memerlukan waktu yang begitu lama hingga kemalaman??? Ketiga, kalaupun kemalaman, kenapa paket barang saya tidak dikirim hari berikutnya (Ahad), kenapa justru dikirim hari Senin dan tanpa permohonan maaf dari kurir yang mengirimnya, karena sebenarnya ini adalah konsekuensi sebuah layanan publik yang sudah menjual paket layanan ekspedisi service sehari sampai. Keempat, mungkin perlu memberi tanda tanya pada layanan paket yang JNE jual ke masyarakat, dari JNE YES menjadi JNE Yakin Esok Sampai??? mungkin dengan memberi tanda tanya pada nama layanannya, konsumen yang sangat berharap akan layanan dari JNE tidak akan kecewa, karena konsumen pasti tahu konsekuensinya Yakin Esok Sampai???

Semoga dengan tulisan ini, JNE, khususnya JNE Balikpapan dapat memperbaiki paket layanannya sehingga tidak mengecewakan konsumen yang telah banyak berharap dari paket layanan yang telah JNE jual ke publik.

Buat pembaca yang sepengalaman, silahkan tinggalkan komentar.

Terima kasih
Wassalaam,
Bambang Herlandi

Berikut saya lampirkan juga, pengalaman sebelumnya berkaitan dengan kekecewaan saya terhadap layanan JNE Yakin Esok Sampai.

komplain JNE YES Juli 2012
komplain JNE YES Juli 2012
komplain JNE YES Juli 2012
komplain JNE YES Juli 2012
komplain JNE YES Juli 2012
komplain JNE YES Juli 2012
komplain JNE YES Januari 2014
komplain JNE YES Januari 2014
komplain JNE YES Maret 2014
komplain JNE YES Maret 2014

 

3 Comments

  1. mas saya juga pesan barang dan dikirim lewat JNE.. tapi saya malah diminta dana jaminan.. sudh sya kirim jaminan.a malah ndda kabarnya.. apakan benar jika mengirim laptop menggunakan jasa JNE YES akan dikenakan dana jaminan

  2. wah saya juga kaya gitu gan gasampe-sampe, akhirnya sampe sih tapi gaseusai layanan YES yang 1 hari sampe ini malah YES Gasampe-sampe. Saya sampe bikin artikel di blog saya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site is using OpenAvatar based on